DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESONSIBILITY (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN SEKTOR PERTAMBANGAN DAN MANUFAKTUR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2020)
PENGARANG:Miptahur Rahman
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-07-04


Miptahur Rahman (2022), Pengaruh Karakteristik Perusahaan terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Studi Empiris pada Perusahaan Pertambangan dan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Tahun 2020. Pembimbing: Dr. Hj. Rahma Yuliani, SE., M.Si., Ak

Corporate Social Responsibility (CSR) dapat diartikan sebagai komitmen berkelanjutan perusahaan untuk bertindak secara etis dan berkontribusi dalam memajukan perekonomian sekaligus meningkatkan kualitas hidup pekerja dan masyarakat luas. Peraturan mengenai pelaksanaan CSR di Indonesia telah diatur dalam Undang-Undang No. 40 Tahun 2007 tentang perseroan terbatas. Walaupun begitu, tingkat pelaksanaan dan pengungkapan yang dilakukan oleh perusahaanperusahaan di Indonesia masih tergolong rendah. Terutama implementasi yang terjadi di perusahaan sektor pertambangan dan manufaktur.

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan, usia perusahaan, tipe industri, tingkat kepemilikan asing, dan profitabilitas perusahaan terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR). Populasi pada penelitian ini yaitu perusahaan sektor pertambangan dan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, dimana terdapat 240 perusahaan. Teknik pemilihan sampel menggunkan purposive sampling dengan kriteria tertentu, sehingga diperoleh 38 perusahaan yang menjadi sampel dalam penelitian. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda dengan menggunakan program Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 25.

Hasil penelitian ini menunjukkan hasil bahwa ukuran perusahaan, usia perusahaan, dan tipe industri berpengaruh terhadap pengungkapan CSR. Sedangkan tingkat kepemilikan asing dan profitabilitas tidak mempengaruhi pengungkapan CSR.

Kata Kunci: Pengungkapan CSR, Ukuran Perusahaan, Usia Perusahaan, Tipe Industri, Tingkat Kepemilikan Asing, Profitabilitas 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI