DIGITAL LIBRARY



JUDUL:POLA PERILAKU MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN LINGKUNGAN DI KAMPUNG HIJAU KELURAHAN SUNGAI BILU BANJARMASIN
PENGARANG:Erico Krisna Bayu
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-07-04


 

 

Manusia memiliki pola perilaku yang beraneka ragam terutama dalam pengelolaan lingkungan. Halnya pola perilaku yang ada pada Kampung Hijau Sungai Bilu Banjarmasin. Masalah yang terdapat pada penelitian ini yaitu limbah/sampah, polusi, dan penangkapan ikan menggunakan racun. Pola perilaku yang ada pada warga Kampung Hijau Sungai Bilu akan dijabarkan melalui deskripsi. Tujuan Penelitian : 1) Untuk mengungkap pola perilaku yang mempengaruhi kesadaran masyarakat terhadap kebersihan lingkungan khususnya sungai dan pengelolaan lingkungan di Kampung Hijau Sungai Bilu Banjarmasin dan 2) Untuk mendeskripsikan kepedulian terhadap kebersihan lingkungan khususnya bantaran sungai di Kampung Hijau Sungai Bilu Banjarmasin.

 

Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui proses observasi, wawancara, dan dokumen. Analisis data yaitu dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data atau dengan menarik sebuah kesimpulan dengan menggunakan teknik triangulasi sumber yang dilakukan dengan sumber yang berbeda-beda.

 

Hasil Penelitian : 1) Pemerintah, Masyarakat, dan orang tua dalam melakukan penanganan terhadap permasalahan lingkungan yang terjadi pada Kampung Hijau Sungai Bilu. Pemerintah sendiri memegang peran dengan mendirikan POKDARWIS, mengadakan kegiatan kebersihan dengan SATGAS dan warga, sosialisasi mengenai sampah dan mengadakan rapat bersama. Orang tua berperan sebagai media awal dalam pembentukan pola perilaku tentang menjaga dan mengelola lingkungan berupa anjuran dan larangan mengenai membuang sampah sembarangan. 2) perilaku masyarakat bantaran sungai Martapura Kampung Hijau Sungai Bilu Banjarmasin terhadap permasalahan lingkungan berupa pembuangan limbah, polusi, pencemaran sungai menggunakan racun ikan, dan kepunahan keanekaragaman hayati. Yaitu dengan sudah berkurangnya pembuangan limbah, tidak menggunakan polusi berlebihan dan tidak pernah berpartisipasi dalam menggunakan racun ikan.

 

 

Kata Kunci : Pola Perilaku, Masyarakat, Lingkungan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI