DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Ukuran Perusahaan, Komisaris Independen, Pengungkapan Corporate Social Responsibility, Dan Kepemilikan Institusional Terhadap Agresivitas Pajak Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017 - 2021
PENGARANG:Elisabeth Ananda Dela Putri Puspitasari
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-07-04


ELISABETH ANANDA DELA PUTRI PUSPITASARI, (2022) Pengaruh Ukuran Perusahaan, Komisaris Independen, Pengungkapan Corporate Social Responsibility, dan Kepemilikan Institusional terhadap Agresivitas Pajak pada Perusahaan Perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2017 – 2021. Pembimbing: Hj. Fatimah,SE, M.Si, Ak, CA.

 

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh Ukuran Perusahaan terhadap Agresivitas Pajak di perusahaan Perbankan yang terdaftar BEI; (2) pengaruh Komisaris Independen terhadap Agresivitas Pajak di perusahaan Perbankan yang terdaftar BEI; (3) pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibilityterhadap Agresivitas Pajak di perusahaan Perbankan yang terdaftar BEI; (4) pengaruh Kepemilikan Institusional terhadap Agresivitas Pajak di perusahaan Perbankan yang terdaftar BEI; (5) pengaruh Ukuran Perusahaan, Komisaris Independen, Pengungkapan Corporate Social Responsibility, dan Kepemilikan Institusional terhadap Agresivitas Pajak secara simultan atau bersama pada perusahaan Perbankan yang terdaftar di BEI tahun 2017 – 2021.

 

            Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan perbankan yang terdaftar di BEI tahun 2017 – 2021 sebanyak 47 perusahaan, sampel yang digunakan 6 perusahaan. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Jenis penelitian yang digunakan adalah asosiatif. Data yang digunakan dalam penelitian adalah data laporan tahunan dan laporan keberlanjutan yang perusahaan perbankannya dipublikasikan melalui www.idx.co.id. Teknis analisis yang digunakan dalam penelitian adalah analisis regresi linear berganda.

 

            Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap agresivitas pajak. Hal ini menunjukan tinggi rendahnya ukuran perusahaan tidak menjadi patokan agresif pajak. Komisaris Independen tidak berpengaruh terhadap agresivitas pajak. Hal ini menunjukan keberadaan mereka hanya sebagai pelengkap aturan perusahaan publik. Pengungkapan Corporate Social Responsibility tidak berpengaruh terhadap agresivitas pajak. Hal ini menunjukan sedikit banyak aktivitas CSR tidak menjadi patokan agresif pajak. Kepemilikan institusional berpengaruh terhadap agresivitas pajak. Hal ini menunjukan pengawasan dari pihak kepemilikan institusional bisa mempengaruhi keputusan manajemen terutama tindakan agresivitas pajak.

Kata Kunci : Ukuran Perusahaan, Komisaris Independen, Pengungkapan                        Corporate Social Responsibility, Kepemilikan Institusional,                                    Agresivitas Pajak.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI