DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN PEMAHAMAN NILAI-NILAI PANCASILA DENGAN KARAKTER KEJUJURAN PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 SAMPIT
PENGARANG:LIAN FIRDHANA NURMEIDITA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-07-04


ABSTRAK

 

Lian Firdhana Nurmeidita, 2022. Hubungan Karakter Kejujuran Dengan Pemahaman Nilai-Nilai Pancasila Peserta Didik di SMA Negeri 1 Sampit.. Skripsi program studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) H. Wahyu, Pembimbing (II) H. Dian Agus Ruchliyadi

             

Kata kunci : Karakter kejujuran, Pemahaman Pancasila

 

Pemahaman nilai-nilai Pancasila sangat diperlukan bagi peserta didik yang akan menjadi penerus bangsa. Pancasila dapat dijadikan pedoman untuk pembentukan karakter peserta didiknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan karakter kejujuran dengan pemahaman nilai-nilai Pancasila di SMA Negeri 1 Sampit.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini 1000 responden SMA Negeri 1 Sampit dengan jumlah sampel 100 responden. Penetapan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan rumus Solvin. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket. Pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis uji korelasi product moment.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat karakter kejujuran berdasarkan rata-rata analisis persentase menunjukan sebesar 26% yang dinilai kategori sedang, kemudian pemahaman nilai-nilai Pancasila peserta didik berdasarkan rata-rata persentase menunjukan sebesar 32% yang dinilai kategori cukup, sedangkan korelasi karakter kejujuran dengan pemahaman nilai-nilai Pancasila berdasarkan uji statistik menggunakan korelasi product moment diperoleh nilai korelasi 0,467 ini masuk dalam golongan memiliki korelasi atau hubungan

Berdasarkan hasil penelitian ini lingkungan menjadi salah satu faktor pembentukan karakter jujur dan tingkat pemahaman pancasila dapat ditingkatkan melalui pembelajaran di sekolah pada mata pelajaran kewarganegaraan. Selain itu juga sekolah merupakan tempat peserta didik untuk meningkatkan perkembangan potensi dan karakter jujur yang mana menjadi sebuah contoh dan acuan bagi peserta didik yang menuntut ilmu.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI