DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI PELAYANAN ADMINISTRASI TERPADU KECAMATAN (PATEN) DI KECAMATAN TANAH GROGOT KABUPATEN PASER
PENGARANG:ALDILLAH SHINDI N.R
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-07-04


ABSTRAK

 

Aldillah Shindi N.R, 1710413620009: “Implementasi Pelayanan AdministrasiTerpadu Kecamatan (PATEN) di Kecamatan Tanah Grogot Kabupaten Paser”. Di bawah bimbingan Farah Qubayla.

 

            Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pelayanan Administra di Terpadu Kecamatan (PATEN) di Kecamatan Tanah Grogot Kabupaten Paser.

            Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dimulai dari tahap reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi pelayanan terpadu kecamatan (PATEN) di Kecamatan Tanah Grogot sudah cukup baik namun belum optimal. Pada dimensi komunikasi masih terjadi kendala masih ada masyarakat yang belum tahu syarat-syarat dalam mengurus berkas perizinan dan non perizinan. Dimensi sumber dayamasih terkendala kurangnya keterampilan dalam survei Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Sumber anggaran pun masih kurang sehingga menghambat kelancaran pelayanan. Kemudian sumber wewenang masih terbatas dalam hal tanda tangan yang harus menunggu camat ada ditempat. Selanjutnya dimensi disposisi sudah cukup baik terlihat dari masyarakat yang cukup puas dengan kecekatan dan sikap ramah yang ditampilan petugas. Terakhir dimensi struktur birokrasi bahwa prosedur pelayanan sudah cukup jelas ditampilkan di ruang tunggu, maupun yang langsung dijelaskan oleh petugas.

Berdasarkan hasil penelitian ini, disarakankan kepada Kantor Kecamatan untuk meningkatkan keterlampilan dan kompetensi terkait pelayanan PATEN dan menggunakan cara yang kreatif untuk memberikan informasi mengenai jenis-jenis pelayanan, syarat, dan prosedur secara jelas dan menarik dengan menggunakan media sosial dan juga melalui website.

 

Kata Kunci: Pelayanan Publik, Implementasi Kebijakan, Administrasi Kecamatan

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI