DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Kompetensi Guru, Kedisiplinan Kerja Dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar se-Kecamatan Paringin Kabupaten Balangan
PENGARANG:ALIMMUDIN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-07-04


ABSTRAK

 

Alimmudin. 2021. Pengaruh Kompetensi Guru, Kedisiplinan Kerja dan Motivasi Kerja Guru terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar se-Kecamatan Paringin Kabupaten Balangan. Tesis Program Magister Administrasi Pendidikan, Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing (I) Dr. A. Muhyani Rizalie, M.Si. (II) Dr. Sunarno Basuki,Drs, M.Kes, AIFO

 

Kata Kunci : Kompetensi Guru, Kedisiplinan Kerja, Motivasi Kerja, Kinerja Guru

 

Kinerja adalah suatu prestasi kerja atau hasil kerja seseorang berdasarkan kualitas yang dicapainya dalam melaksanakan tanggung jawab yang diterima. Kinerja guru adalah faktor penentu tercapainya tujuan pendidikan. Faktor yang memperngaruhi kinerja antara lain: Kompetensi guru, kedisiplinan kerja guru dan motivasi kerja guru. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh kompetensi guru, kedisiplinan kerja guru dan motivasi kerja guru terhadap kinerja guru di Sekolah Dasar se-Kecamatan Paringin Kabupaten Balangan.

Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi penelitian ini dari seluruh guru SD se-Kecamatan Paringin dengan jumlah guru 180 orang, dan hasil perhitungan sampel sebanyak 150 orang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket yang disebarluaskan secara kepada sampel. Analisis hasil penelitian menggunakan statistik deskriptif, regresi sederhana, analisis jalur dan regresi berganda dengan menggunakan SPSS Window Version 25.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara: (1) kompetensi guru terhadap kinerja guru sebesar 0,871, (2) kedisiplinan kerja terhadap kinerja guru sebesar 0,991, (3) motivasi kerja terhadap kinerja guru sebesar 0,892, (4) kompetensi guru terhadap kedisiplinan kerja sebesar 0,882, (5) kompetensi guru terhadap motivasi kerja sebesar 0,884, (6) kompetensi guru terhadap kinerja guru melalui kedisiplinan kerja sebesar 0,874,(7) kompetensi guru terhadap kinerja guru melalui motivasi kerja sebesar 0,868.

Berdasarkan hasil temuan dari penelitian ini dapat disarankan beberapa hal seperti: (1) Guru sebagai pendidik hendaknya lebih aktif sebagai upaya meningkatkan kinerja guru, (2) Guru di sekolah hendaknya meningkatkan kedisiplinan dan motivasi dalam bekerja, (3) lembaga pendidikan hendaknya memberi kesempatan para guru untuk mengembangkan diri, (4) penelitian ini hendaknya dapat digunakan sebagai rujukan dan referensi untuk melakukan penelitian yang masih berkaitan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI