DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH SEKTOR PERTANIAN, SEKTOR INDUSTRI DAN SEKTOR PERDAGANGAN TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI KABUPATEN BARITO SELATAN
PENGARANG:Reka Sonia
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-07-04


Reka Sonia (2022). Pengaruh Sektor Pertanian, Sektor Industri dan Sektor Perdagangan Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Barito Selatan. Pembimbing: Dr.Rizali.ME

 

Penelitian ini dilakukan untuk (1) Mengetahui seberapa besar pengaruh dari sektor pertanian, sektor industri dan sektor perdagangan terhadap Pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Barito Selatan; (2) Mengetahui pengaruh sektor pertanian, sektor industri dan sektor perdagangan terhadap Pertumbuhan ekonomi secara simultan di Kabupaten Barito Selatan.

Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode analisis regresi linier berganda. Data yang digunakan adalah data sekunder yang di terbitkan oleh Badan Pusat Statistik Kabupaten Barito Selatan pada tahun 2011-2020.

Berdasarkan hasil penelitian, pertama sektor pertanian memiliki koefisien regresi sebesar -0.027447, sehingga berpengaruh negatif signifikan terhadap PDRB dikarenakan adanya pengaruh faktor internal dan ekternal dari PDRB yaitu pengeluaran pemerintah serta permintaan dan penawaran dari daerah lain guna memenuhi kebutuhan masyarakat Kabupaten Barito Selatan yang meningkat karena adanya perkembangan teknologi dan covid-19. Sektor industri memiliki koefisien regresi sebesar 5.06478, sehingga berpengaruh positif signifikan terhadap PDRB dikarenakan perkembangan industrinya lebih kearah industri kecil menengah dan banyak meyerap tenaga kerja karena bersandar pada sumber daya lokal. Kemudian sektor perdagangan sama seperti sektor pertanian yang memiliki koefisien regresi negatif yaitu sebesar -6.745403, sehingga berpengaruh negatif signifikan disebabkan adanya pengaruh internal dan ekternal. Kedua, hasil dari ketiga variabel independen menunjukan pengaruh secara bersama-sama atau secara simultan sebesar 78% terhadap PDRB di Kabupaten Barito Selatan.

 

Kata Kunci: Sektor, Pertanian, Industri, Perdagangan, Pertumbuhan Ekonomi

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI