DIGITAL LIBRARY



JUDUL:AKTIVITAS SOSIAL MASYARAKAT BANTARAN SUNGAI MARTAPURA DI KELURAHAN BANUA ANYAR SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS
PENGARANG:NURLITA JULIANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-07-04


Nurlita Juliana. 2022. Aktivitas Sosial Masyarakat Bantaran Sungai Martapura Sebagai Sumber Belajar IPS. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Bambang Subiyakto, M.Hum, (2) Muhammad Rezky Noor Handy, M.Pd.

Lingkungan menjadi bagian penting kreativitas guru mengembangkan pembelajaran IPS dengan tuntutan kurikulum yang cenderung bersifat kompleks. Aktivitas sosial yang terjadi di lingkungan masyarakat dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar IPS yang bersifat kontekstual, sehingga peserta didik dapat dilibatkan secara aktif dengan harapan materi yang diajarkan dapat tercapai secara optimal. Tujuan penelitian ini untuk; 1). Mendeskripsikan aktivitas sosial masyarakat bantaran sungai Martapura di kelurahan Banua Anyar dan 2). Mendeskripsikan integrasi aktivitas sosial masyarakat bantaran sungai Martapura di Kelurahan Banua Anyar sebagai sumber belajar IPS.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dipakai yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data yang dipakai perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi (triangulasi sumber, teknik dan waktu).

Hasil penelitian; 1). Aktivitas sosial yang terdapat di kelurahan Banua Anyar yaitu: yang pertama gotong royong membersihkan sungai martapura yang dilakukan secara rutin setiap hari Jum’at dan gotong royong tersebut untuk mewujudkan program “Sungai Martapura Bungas”, kedua penyaluran bantuan sosial untuk pembuatan MCK dan kegiatan memberikan bantuan berupa sembako kepada beberapa masyarakat Banua Anyar dalam rangka Jum’at Berkah serta sosialisasi pencegahan dan penanggulangan Stunting, ketiga aktivitas pengajian dimana aktivitas pengajian ini mendominasi aktivitas keagamaan yang memunculkan aktivitas sosial masyarakat Banua Anyar (yasinan/majelis ta’lim), dan keempat aktivitas jual beli terjadinya komunikasi tawar menawar antar pedagang dan pembeli serta kerjasama Konsinyasi. 2). Aktivitas sosial masyarakat bantaran sungai Martapura dapat dijadikan sumber belajar IPS kelas VII semester I pada materi pembelajaran interaksi sosial.

Kata Kunci: Aktivitas Sosial, Masyarakat Bantaran Sungai, Interaksi Sosial, Sumber Belajar IPS

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI