DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengembangan Media Poster Melalui Aplikasi Canva Bermuatan Etnosains Pada Materi Koloid Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Ranah Pengetahuan Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 11 Banjarmasin
PENGARANG:RIMA RAHMILA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-07-04


PENGEMBANGAN MEDIA POSTER MELALUI APLIKASI CANVA BERMUATAN ETNOSAINS PADA MATERI KOLOID UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR RANAH PENGETAHUAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 11 BANJARMASIN(Oleh: Rima Rahmila; Pembimbing: Rilia Iriani, Muhammad Kusasi; 2021)

 

ABSTRAK

Telah dilakukan penelitian pengembangan media Poster bermuatan etnosains padamaterikoloidbertujuanmenghasilkanmediabelajaryangvalid,praktisdanefektif.Modelpengembanganyangdigunakanadalahmodel4Dyang(define, design, development & disseminate).Ujicobamediabelajar yangdikembangkandilakukanpadapesertadidikSMA      Negeri 11 Banjarmasin Tahun Ajaran 2021/2022. Uji coba yang dilakukan yakni ujicobaperorangan,ujicobakelompokkecildanujicobaterbatas.Teknikpengumpulandatamenggunakanlembarvalidasi,angketketerbacaan,angketrespon dan penilaian tes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasilpenelitianmenunjukkanmediayangdikembangkantelahmemenuhikriteriasebagai berikut: (1) Valid, berdasarkan uji kelayakan oleh kelompok ahli didapatkan hasil sangat valid,; (2)Praktis, berdasarkan uji keterbacaan perorangan dan kelompok mendapatkan hasil dengan kriteria sangat baik, respon peserta didik dan guru mendapat kriteria baik; (3) Efektif, berdasarkan hasil ujicoba terbatas telihat dari rata-rata skor n-gain hasil belajar termasuk kriteria tinggi. Serta dari rata-rata skor n-gain motivasi belajar juga termasuk kriteria tinggi. Secarakeseluruhanposteryangdikembangkanmampumeningkatkanmotivasi belajar dan hasil belajar peserta didik dan sebagai suatu bentuk media yang mengemukakan etnosains dalam pembelajarankimia.

Katakunci:Poster, Etnosains,Koloid

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI