DIGITAL LIBRARY



JUDUL:BENTUK PENYAJIAN MUSIK HADRAH AL-BANJARI PADA KASIDAH YA SAYYIDI YA RASULALLAHI KHUDZ BIYADI KARYA SULTAN ABDUL HAMID KHAN II YANG DIBAWAKAN OLEH GRUP FATHURROSYAD
PENGARANG:RIRIN NUR MILANISA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-07-04


ABSTRAK

Nur Milanisa, Ririn. 2021.Bentuk Penyajian Hadrah Al- Banjari Pada Kasidah bbbbbbbbbbbbYa Sayyidi Ya Rasulallahi Khudz Biyadi Karya Sultan Abdul bbbbbbbbbbbbHamid Khan Ii Yang Dibawakan Oleh Grup Fathurrosyad.bbbbbbbbbbbbSkripsi, ProgramStudiPendidikanSendratasik,Jurusan bbbbbbbbbbbbPendidikan Bahasa dan Seni. Fakultas Keguruan danIlmu bbbbbbbbbbbbPendidikan, UniversitasLambung Mangkurat Banjarmasin.

bbbbbbbbbbbbPembimbing: (I) Sumasno Hadi, S.Pd., M.Phil  (II) Novyandi bbbbbbbbbbbbSaputra, S.Pd., M.Sn

 

KataKunci : Bentuk Penyajian, Musik Hadrah Al-Banjari, Kasidah Ya Sayyidi Ya Rasulallahi Khudz Biyadi

Bentuk PenyajianHadrah Al- Banjari pada Kasidah Ya Sayyidi Ya Rasulallahi Khudz Biyadi Oleh Grup Fathurrosyadmerupakansalahsatukelompok yang mengangkat kesenian islam Hadrah Al-banjari di Martapura. Hadrahmerupakan  kesenianmusikIslamyangditampilkandengan  iringan- iringanrebana(alatperkusi)sambilmelatunkansyair-syairsertapujianterhadapNabi MuhammadSAW.Kasidah Ya Sayyidi Ya Rasulallahi Khudz Biyadi ini memiliki kepopuleran yang baik bukan hanya dikalimantan juga di seluruh dunia dan kasidah ini merupakan salah satu  kasidah yang sering dibaca yang mana artinya kasidah ini memiliki bentuk penyajian musik yang bagus sehingga kepopulerannya mendunia dinegara muslim. Maka dari itu peneliti tertarik meneliti penyajian musik hadrah al-banjari kasidah ya sayyidi ya rasulallahi khudz biyadi karya sultan abdul hamid khan II. Bentuk penyajianHadrah Al-Banjaripada Kasidah Ya Sayyidi Ya Rasulallahi Khudz Biyadi Oleh Grup Fathurrosyadberupa“ansambel campuranyangterdiridarivokaldanalatmusik.Alatmusikyangdigunakanyaitu alat musik Rebana. Penelitian menggunakanpendekatankualitatifdenganmetodedeskriptif.  Instrumenpenelitian adalah human instrument. Teknikpengumpulandata yangdigunakan   adalah observasi,wawancaradandokumentasigunamengujikebenarandata.Datayang didapat   dianalisis   dengan   tahapan   reduksi   data,   penyajian   data   dan   penarik kesimpulan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI