DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Pembinaan Profesi Dan Kompetensi Terhadap Profesionalisme Guru Smp Negeri Di Kabupaten Balangan
PENGARANG:SRI NORBAITI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-07-04


ABSTRAK

Sri Norbaiti, 2022. Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Pembinaan Profesi dan Kompetensi terhadap Profesionalisme Guru SMP Negeri di Kabupaten Balangan. Tesis Program Magister Administrasi Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing I: Prof. Drs. Ahmad Suriansyah, M.Pd, Ph.D, Pembimbing II: Drs. Sulaiman, M.Pd., Ph.D.

 

Kata Kunci: Kepemimpinan Transformasional, Pembinaan Profesi, Kompetensi, Profesionalisme

 

Tercapainya tujuan pendidikan di sekolah sangat dipengaruhi oleh guru dalam melaksanakan tugas profesinya. Kenyataan inilah yang mengharuskan guru memiliki kompetensi dan profesionalisme yang tinggi dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, karena guru adalah tokoh yang menjadi panutan bagi peserta didik dan lingkungannnya. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan pengaruhkepemimpinan transformasional kepala sekolah, pembinaan profesi, kompetensidan profesionalisme guru serta (2) Menganalisis Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Pembinaan Profesi terhadap kompetensi dan Profesionalisme guru SMP Negeri di Kabupaten Balangan.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru SMP Negeridi Kabupaten Balangan sebanyak 166 orang guru. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik Proportionate Random Sampling sebanyak 117 orang guru. Untuk mengumpulkan data penelitian digunakan angket sebagai satu-satunya alat pengumpul data. Analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan teknik analisis Jalur.

Hasil penelitian ini adalah: (1) Ada pengaruh langsung kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kompetensi guru, (2) pembinaan profesi terhadap kompetensi guru, (3) kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap profesionalisme guru,(4) pembinaan profesi terhadap profesionalisme guru,  (5) kompetensi terhadap profesionalisme guru,  (6) Tidak ada pengaruh tidak langsung kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap profesionalisme melalui kompetensi guru serta (7 pembinaan profesi terhadap profesionalisme melalui kompetensi guru SMP Negeri di Kabupaten Balangan.

Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan kepada kepala SMP Negeri agar lebih menumbuhkan optimalisasi penerapan kepemimpinan transformasional dengan memberikan tauladan untuk bersedia mengorbankan kepentingan pribadi untuk sekolah, membangkitkan rasa saling menghargai pendapat serta lebih mengikut sertakan guru dan staf dalam perencanaan kegiatan. Guru SMP Negeri diharapkan untuk senantiasa mengikuti dan melaksanakan pembinaan profesi melalui kegiatan pendidikan pelatihan, workshop, seminar, penyusunan penelitian tindakan kelas, penyusunan modul dan media pembelajaran yang inovatif, pengelolaan kelas dan pengembangan potensi peserta didik melalui pengelolaan kegiatan belajar mengajar yang kondusif, hubungan dengan kepala sekolah dan rekan kerja

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI