DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Kepemimpinan Situasional, Iklim Kerja Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Di Kecamatan Awayan Kabupaten Balangan
PENGARANG:SILFIATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-07-04


ABSTRAK

 

 

Silfiati, 2022. Pengaruh Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah, Iklim Kerja Guru dan Kepuasan Kerja Guru dengan Kinerja Guru SDN di Kecamatan Awayan. Tesis. Program Magister Manajemen Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing (I): Prof. Dr. Hj. Aslamiah, M.Pd, Ph.D. (II) Dr. H. Metroyadi, SH, M.Pd.

 

Kata Kunci: Kepemimpinan Situasional, Iklim, Kepuasan, Kinerja Guru

 

Kinerja guru merupakan hasil kerja yang dicapai seseorang guru dalam melaksanakan tugas-tugas yang dibebankan kepadanya. Kepemimpinan situasional dapat mempengaruhi guru dalam meningkatkan iklim kerja dan membangun kepuasan kerja guru. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh secara langsung dan tidak langsung antara kepemimpinan situasional kepala sekolah, iklim kerja dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru SDN di Kecamatan Awayan.

Penelitian ini bersifat kuantitatif menggunakan teknik korelasi (correlation research).  Populasi penelitian sebanyak 156 guru diambil 112 responden sebagai sampel penelitian dengan teknik random sampling. Pengumpulan data menggunakan intrumen kuesioner dan analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda dan analisis jalur (path analysis).

Hasil penelitian ini menunjukan nilai koefisien regresi variabel adalah angka positif seperti kepemimpinan situasional kepala sekolah dengan kinerja0,203, iklim kerja sebesar 0,319, iklim kerja dengan kinerja sebesar 0,201, kepemimpinan situasional kepala sekolah dengan kepuasan kerja sebesar 0,399, kepuasan kerjadengan kinerja gurusebesar 0,111, kepemimpinan situasional kepala sekolah dengan iklim kinerja guru melalui iklim kerja sebesar 0,064, kepemimpinan situasional kepala sekolah dengan kinerja guru melalui kepuasan kerja guru sebesar 0,044.

Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan langsung yang signifikan kepemimpinan situasional kepala sekolah, iklim kerja dan kepuasan dengan kinerja guru. Terdapat hubungan tidak langsung kepemimpinan situasional melalui iklim kerja dan kepuasan kerja guru SDN di Kecamatan Awayan. Saran kepada kepala sekolah lebih banyak meluangkan waktu untuk berkomunikasi dengan para guru, menciptakan kenyamanan dan ketenangan kondisi kerja, guru dapat memilih sumber belajar, media pembelajaran dan memberikan umpan balik bagi peserta didik tentang kemajuan dan bahan penyusunan rancangan pembelajaran selanjutnya dan peneliti selanjutnya dapat menganalisis penelitian tentang kinerja guru secara lebih mendalam dengan menggunakan variabel yang lebih banyak lagi.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI