DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH DAN DANA ALOKASI UMUM TERHADAP INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA PADA PROVINSI KALIMANTAN SELATAN PERIODE 2016-2018
PENGARANG:AHMAD NURFIDH RAMADHAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-07-04


Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan Dana Alokasi Umum (DAU) terhadap Indeks Pembangunan Manusia (IPM) pada Provinsi Kalimantan Selatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa PAD berpengaruh signifikan terhadap IPM di Kabupaten/Kota Provinsi Kalimantan Selatan. Hal tersebut menunjukkan PAD dapat meningkatkan angka IPM. PAD pada Kabupaten/Kota Provinsi Kalimantan Selatan  digunakan untuk kegiatan sektor pendidikan. kesehatan. dan infrastruktur.

DAU berpengaruh signifikan terhadap IPM. Hal tersebut menunjukkan bahwa kenaikan DAU dapat meningkatkan angka IPM di Kabupaten/Kota Provinsi Kalimantan Selatan. Adanya pengaruh DAU terhadap IPM disebabkan karena pengalokasian DAU lebih difokuskan pada meningkatkan kualitas perekonomian daerah tersebut. Ini membuktikan bahwa DAU memberikan kontribusi terhadap kinerja perekonomian daerah dan kesejahteraan masyarakat.

Kata kunci : Pendapatan Asli Daerah. Dana Alokasi Umum. IndeksPembangunan Manusia

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI