DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENINGKATAN HASIL BELAJAR BOLA BESAR DENGAN PENDEKATAN KOOPERATIF LEARNING PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 SUNGAI LOBAN
PENGARANG:I KETUT ARDIANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-07-05


Abstrak

 

Tujuan dari penelitian ini yakni untuk meningkatkan hasil belajar dengan pendekatan kooperatif learning pada pembelajaran permainan bola besar Sepakbola pada siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Sungai Loban. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dengan menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIC di SMP Negeri 1 Sungai Loban. Teknik perolehan data menggunakan teknik dokumentasi  dan observasi. Metode menganalisis hasil penelitian data yang dipakai ini yakni deskriptif menjadi bentuk persentase.

Hasil menurut analisis data dilihat menurut  hasil nilai belajar dalam Siklus II. Dari hasil penelitian tindakan kelas yang sudah dilaksanakan, pembelajaran awal (pra siklus) bisa diketahui permasalahan yang terjadi. Pada hasil belajar siklus II menggunakan pendekatan kooperatif learning siswa mencapai kriteria ketuntasan berjumlah 18 orang persentase 85,71% yang tidak mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal berjumlah tiga orang persentase 14,28%. Sesuaidari hasil analisis data, lalubisamenarik kesimpulan menerapkan pendekatan pembelajaran menggunakan kooperatif learning ketika pembelajaran permainan bola besar sepakbola bisa memberi peningkatandaya psikomotor yang baik dan motivasi siswa VIII C pada Sekolah Menengah pertama Negeri 1 Sungai Loban pada saat belajar. Melalui pendekatan pembelajaran menggunakan kooperatif learning  pembelajaran bermainbola besar sepakbola di Sekolah Menengah pertama Negeri 1 Sungai Loban bisa dinyatakan efektif.

Kata Kunci: Pendekatan Pembelajaran Kooperatif Learning, Permainan Bola Besar Sepakbola.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI