DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARI RUMAH PADA MASA PANDEMI CORONAVIRUS DISEASE 2019 TERHADAP SIKAP SOSIAL SISWA SMPN 1 PELAIHARI
PENGARANG:DINA PURNAMA SARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-07-05


 

ABSTRAK

Dina Purnama Sari, 2022. Implementasi Pembelajaran Dari Rumah Pada Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019 Terhadap Sikap Sosial Siswa SMPN 1 Pelaihari. Tesis, Program Studi Magister Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Program Pascasarjana Universitas lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Dr. Deasy Arisanty, M.Sc Pembimbing (II) Dr. Herry Porda Nugroho Putro, M.Pd

Kata kunci: belajar dari rumah, covid19, sikap sosial

 

Pandemi COVID-19 membuat para peserta didik yang awalnya melakukan pembelajaran tatap muka harus belajar di rumah saja untuk menghindari penyebaran COVID-19, pembelajaran dari rumah mengharuskan orangtua untuk mendampingi anaknya belajar dan memberikan dampak pada motivasi mereka hingga mengarah ke aspek sikap sosial. 

Penelitian ini bertujuan untuk 1. Mendeskripsikan pembelajaran dari rumah  siswa SMPN 1 Pelaihari pada saat masa pandemi COVID-19; 2.Mendeskripsikan sikap sosial siswa SMPN 1 Pelaihari pada saat masa pandemi covid19; 3.Mendeskripsikan pengaruh implementasi pembelajaran dari rumah pada masa pendemi covid19 terhadap sikap sosial.

Metode penelitian yang digunakan deskriptif kuantitatif dengan uji f karena mencari pengaruh  dari variabel  belajar dari rumah yaitu sikap orang tua dan motivasi belajar dengan variabel sikap sosial. 

Hasil penelitian didapatkan 1. Masih ada nilai karakter pendidikan yang ditanamkan orangtua tetapi motivasi belajar masih rendah 2. Sikap sosial siswa tergolong masih cukup baik karena hasil rata-rata diatas 50% 3. Berdasarkan hasil uji Anova/F diatas didapatkan sig. bernilai 0.000 lebih kecil dari 0.05 maka Ha diterima artinya keseluruhan variable independent memberikan pengaruh secara simultan terhadap variabel sikap sosial. nilai r sebesar 0,254.

Simpulan penelitian: 1. Variabel belajar dari rumah pada siswa SMPN 1 Pelaihari dalam sikap orangtua masih selalu membimbing tetapi motivasi mereka merasa bosan terlalu lama di rumah tanpa bertemu teman sebaya dan tidak ada pembelajaran langsung 2. Sikap sosial siswa SMPN 1 Pelaihari dari hasil google form  persentasenya dapat dikatakan baik karena pertanyaan positif rata-rata hasilnya diatas 50% dan pertanyaan negatif rata-rata hasilnya dibawah 50% 3. Implementasi belajar dari rumah mempengaruhi sikap sosial ini didapatkan dari hasil yang signifikan namun tidak terlalu kuat, dikarenakan  banyak responden dari siswa yang menjawab orangtua mereka  masih menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter saat dirumah tetapi motivasi mereka belajar dari rumah yang masih rendah dan berpengaruh terhadap sikap sosial siswa SMPN 1 Pelaihari.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI