DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Studi Deskriptif Karakter Tangguh pada Siswa Berprestasi di Bidang Akademik dan Bidang Non Akademik di SMK Negeri 3 Banjarmasin
PENGARANG:SUCI SEPTIANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-07-05


 

Pencapaian prestasi akademik dan prestasi non akademik diperlukan suatu pembentukan karakter, salah satunya yaitu karakter tangguh. Karakter tangguh dapat membantu siswa untuk menyeimbangkan diri antara kegiatan akademik dan kegiatan non akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji lebih dalam mengenai gambaran karakter tangguh pada diri siswa yang mampu berprestasi di bidang akademik dan bidang non akademik di SMK Negeri 3 Banjarmasin. Subjek penelitian berjumlah dua siswa dengan menggunakan pendekatan kualitatif berjenis deskriptif melalui pengumpulan data berupa observasi, wawancara, serta dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, data display, dan verifikasi data. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik, triangulasi sumber, dan triangulasi teoritis.

Berdasarkan penelitian didapatkan hasil bahwa siswa memiliki karakter tangguh. Siswa yang berkarakter tangguh mampu menunjukkan keaktifannya di kelas seperti selalu mengikuti pelajaran serta memiliki catatan yang baik dalam akademik. Selain itu, siswa juga mampu aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler sehingga siswa dapat menyeimbangkan prestasinya dalam bidang akademik dan bidang non akademik.

 

Karakter tangguh memiliki komponen sikap 3C yaitu Commitment, Control, dan Challenge. Siswa yang memiliki commitment berusaha keras untuk melibatkan dirinya dengan kegiatan apapun yang dijalani di sekolah baik dalam kegiatan bidang akademik maupun bidang non akademik sehingga mencapai tujuan yang diinginkan. Di saat menghadapi situasi yang sulit, siswa lebih memilih untuk merespon seperti dalam hal melakukan kontrol diri dan berusaha mengendalikan stressor yang dialami, sehingga kesulitan yang dihadapinya dipandang sebagai tantangan yang membuat siswa pantang menyerah untuk meraih prestasi. Serta faktor yang membuat siswa berprestasi adalah minat, motivasi, pola asuh yang baik, dan sarana prasarana yang mendukung.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI