DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ELEKTRONIK KELAS PISCES UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KETERAMPILAN KINERJA SISWA KELAS X SMA
PENGARANG:Muhammad Syifa Habli Sholihin
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-07-05


Keterampilan abad-21 menuntut peserta didik untuk memiliki keterampilan kognitif. Keterampilan berpikir kritis merupakan salah satu dari keterampilan kognitif yang perlu ditunjang dengan perangkat pembelajaran. Penelitian pengembangan diperlukan agar dapat meningkatkan kualitas perangkat pembelajaran. Lembar Kerja Peserta Didik elektronik (LKPD-e) merupakan bahan ajar elektronik yang membantu peserta didik dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan keterampilan kinerja siswa dalam melaksanakan kegiatan inkuiri ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikanvaliditas, kepraktisan dan keefektifan LKPD-e pada kelas pisces. Metode penelitian yang digunakan yaitu desain Tessmer, yang terdiri atas: 1) expert review; 2) one-to-one evaluation; 3) small group evaluation; Subjek validasi meliputi 3 orang ahli, subjek uji perorangan adalah 3 orang peserta didik kelas X SMAN 1 Alalak, dan subjek uji kelompok kecil adalah 4 orang peserta didik kelas X SMAN 1 Alalak. Data diperoleh dari instrumen penelitian validitas, kepraktisan isi, kepraktisan harapan, dan keefektifan harapan. Hasil dari penelitian menunjukkan: 1) Validitas LKPD-e mendapatkan rata-rata 3,53kategori valid; 2) kepraktisan isi mendapatkan rata-rata 3,96 dengan kategori baik, dan kepraktisan harapan mendapatkan rata-rata 94,05% dengan  kategori sangat baik 3) Keefektifan harapan LKPD-e keterampilan berpikir kritis diperoleh hasil rata-rata 87,53% kategorisangat baik dan keterampilan kinerja peserta didik mendapatkan skor rata-rata 91,41% dengan kategorisangat baik.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI