DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Melalui Disiplin Kerja dan Motivasi Kerja Berprestasi Guru SDN Di Kecamatan Batumandi
PENGARANG:RUSDIANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-07-05


ABSTRAK

 

Rusdiana. 2022. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru melalui Disiplin Kerja dan Motivasi Berprestasi Guru SDN di Kecamatan Batumandi. Tesis.ProgramMagisterAdministrasiPendidikanProgramPascasarjanaUniversitasLambungMangkuratBanjarmasin.Pembimbing:(I)Prof. Drs.Ahmad Suriansyah,M.Pd., Ph.D dan(II)Dr.Noorhapizah,ST., M.Pd.

 

Kata Kunci: kepemimpinan kepala sekolah, disiplin kerja, motivasiberprestasi,kinerja guru

 

Kinerja guru merupakan hasil kerja yang dicapai seseorang guru dalam melaksanakan tugas-tugas yang dibebankan kepada guru tersebut. Kinerja guru adalah faktor penentu tercapainya tujuan pendidikan. Kinerja guru dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu kepemimpinan kepala sekolah, disiplin kerja guru, dan motivasi berprestasi guru. Penelitianinibertujuanuntuk:(1)mendeskripsikankepemimpinankepalasekolah, disiplin kerja, motivasi berprestasi guru, dan kinerja guru SD Negeri diKecamatan Batumandi, (2) menganalisis pengaruh: (a) kepemimpinan kepala sekolahterhadapdisiplinkerja,(b)kepemimpinankepalasekolahterhadapkinerjaguru,(c) kepemimpinan kepala sekolah terhadap motivasi berprestasi guru, (d) disiplinkerja terhadap kinerja guru, (e) motivasi berprestasi terhadap kinerja guru, (f)kepemimpinankepalasekolahterhadapkinerjagurumelaluidisiplinkerjaguru,(g)kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru melalui motivasi berprestasigurupadaSDNegeridiKecamatan Batumandi.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasionaldengan pendekatan kuantitatif yang diformulakan kedalam model analisis jalur (path analysis). Populasi penelitian sebanyak sebanyak 160 guru dari 22 sekolah yang dan diambil 115 responden sebagai sampel penelitian dengan teknik probability simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan intrumen kuesioner dan analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji asumsi klasik, uji hipotesis dan analisis jalur (path analysis).

Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaterdapatpengaruh:(1)kepemimpinankepalasekolahterhadapdisiplinkerjaguru sebesar 0,570(2)kepemimpinankepalasekolahterhadapkinerjaguru sebesar 0,385(3)kepemimpinankepalasekolahterhadapmotivasiberprestasiguru sebesar 0,427(4)disiplinkerjaguruterhadapkinerjaguru sebesar 0,324(5)motivasiberprestasi guru terhadap kinerja guru sebesar 0,491(6) kepemimpinan kepala sekolah terhadapkinerja guru melalui disiplin kerja guru sebesar 0,185 (7) kepemimpinan kepala sekolah terhadapkinerjagurumelaluimotivasiberprestasiguru sebesar 0,209.

Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh langsung yang signifikan kepemimpinan kepala sekolah, disiplin kerja dan motivasi berprestasi terhadap kinerja guru. Terdapat pengaruh langsung kepemimpinan kepala sekolah dan disiplin kerja guru dengan motivasi berprestasi guru, Terdapat pengaruh tidak langsung kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru melalui disiplin kerja guru dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru melalui motivasi berprestasi guru SDN di Kecamatan Batumandi. Saran kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Balangan memanfaatkan hasil penelitian ini untuk melakukan dasar kebijakan startegis dimasa mendatang perihal kinerja guru, bagi sekolah lebih meningkatkan keterlibatan guru dalam pembinaan melalui supervisi kepala sekolah dan lebih membangun disiplin dan motivasi kerja agar kineja guru meningkat sesuai tujuan sekolah dan meningkatkan kinerjanya.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI