DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru melalui Disiplin Kerja dan Motivasi Kerja Guru SDN di Kecamatan Batumandi
PENGARANG:JUMI PUSPITASARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-07-05


 

ABSTRAK

 

 

Puspitasari. Jumi, 2022. Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru melalui Disiplin Kerja dan Motivasi Kerja Guru SDN di Kecamatan Batumandi Program Magister Administrasi Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing I: Drs. Sulaiman, M.Pd, Ph.D, Pembimbing II: Dr. H. Muhammad Saleh, M.Pd

 

Kata Kunci: Supervisi Kepala Sekolah, Disiplin Kerja, Motivasi Kerja, Kinerja Guru

 

Kinerja guru pada dasarnya adalah kemampuan dan usaha guru untuk melaksanakan tugas pembelajaran sebaik-baiknya dalam perencanaan program pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh secara langsung dan tidak langsung antara supervisi kepala sekolah terhadap, disiplin guru, motivasi kerja dan kinerja guru SDN di Kecamatan Batumandi.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasionaldengan pendekatan kuantitatif yang diformulakan kedalam model analisis jalur (path analysis). Populasi penelitian sebanyak sebanyak 160 guru dari 22 sekolah yang dan diambil 115 responden sebagai sampel penelitian dengan teknik probability simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan intrumen kuesioner dan analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji asumsi klasik, uji hipotesis dan analisis jalur (path analysis).

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai koefisien regresi ada pengaruh supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru, supervisi kepala sekolah terhadap motivasi kerja, disiplin kerja  terhadap kinerja guru, disiplin kerja  dterhadap motivasi kerja, motivasi kerja terhadap kinerja Guru, supervisi kepala sekolah  melalui motivasi kerja terhadap kinerja Guru dan disiplin kerja  melalui motivasi kerja  terhadap kinerja Guru.

Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh langsung yang signifikan supervisi kepala sekolah, disiplin kerja dan motivasi kerja  terhadap kinerja guru. Terdapat pengaruh langsung supervisi kepala sekolah dan disiplin kerja guru dengan motivasi kerja, Terdapat pengaruh tidak langsung supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru melalui disiplin kerja guru dan supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru melalui motivasi kerja guru SDN di Kecamatan Batumandi. Saran kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Balangan memanfaatkan hasil penelitian ini untuk melakukan dasar kebijakan startegis dimasa mendatang perihal kinerja guru, bagi sekolah lebih meningkatkan keterlibatan guru dalam pembinaan melalui supervisi kepala sekolah dan lebih membangun disiplin dan motivasi kerja agar kineja guru meningkat sesuai tujuan sekolah dan meningkatkan kinerjanya.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI