DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS PENGARUH DANA BAGI HASIL (DBH) PERTAMBANGAN BATUBARA DAN DANA ALOKASI KHUSUS (DAK) TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI KABUPATEN/KOTA PENGHASIL BATUBARA PROVINSI KALIMANTAN TENGAH TAHUN 2010-2019
PENGARANG:Siti Indah Melani
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-07-05


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh DBH Pertambangan Batubara dan DAK terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten/Kota penghasil Batubara pada Provinsi Kalimantan Tengah tahun 2010-2019. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperolah dari JDIH Kementerian Keuangan, DJPK Kementerian Keuangan, dan Badan Pusat Statistik Kalimantan Tengah selama tahun 2010-2019. Unit analisisnya adalah 9 Kabupaten/Kota pada Provinsi Kalimantan Tengah. Penelitian ini menggunakan model regresi data panel dengan metode model efek umum (Common Effect Model). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (i) DBH Pertambangan Batubara Berpengaruh positif dan signifikan terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten/Kota penghasil batubara Provinsi Kalimantan Tengah, (ii) DAK negatif dan tidak berpengaruh signifikan terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten/Kota penghasil batubara Provinsi Kalimantan Tengah.

Kata Kunci : DBH Pertambangan Batubara, DAK (Dana Alokasi Khusus), Pertumbuhan Ekonomi, Model Efek Umum (Common Effect Model).

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI