DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Hubungan antara Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Iklim Organisasi dan Kinerja Guru melalui Motivasi Berprestasi Guru SMK Swasta di Kota Banjarbaru.
PENGARANG:JARMINTO
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-07-05


ABSTRAK

 

Jarminto, 2022. Hubungan antara Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Iklim Organisasi, dan Kinerja guru melalui Motivasi Berprestasi guru SMK Swasta di Kota Banjarbaru.

Kata Kunci : Kepemimpinan transformasional , iklim organisasi, motivasi berprestasi, kinerja guru.

Penelitian ini tentang kinerja guru SMK swasta di Kota Banjarbaru yang berhubungan dengan kepemimpinan transformasional kepala sekolah, iklim organisasi melalui motivasi berprestasi,  kinerja guru merupakan salah asatu usaha dalam meningkatkan mutu Pendidikan di Indonesia. Kinerja guru dapat meningkatkan kualitas yang bermuara pada keberadaan dan tugas guru dalam melaksanakan tugas sebagai pengajar maupun fungsi lainnya.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis : 1) Hubungan kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kinerja guru, 2) Hubungan kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap motivasi berprestasi guru, 3) Hubungan iklim organisasi terhadap kinerja guru, 4) Hubungan iklim organisasi terhadap motivasi berprestasi guru, 5) Hubungan antara motivasi berprestasi terhadap kinerja guru, 6) Hubungan kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kinerja guru melalui motivasi berprestasi guru, 7) Hubungan iklim organisasi terhadap kinerja guru melalui motivasi berprestasi guru.

Motode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif korelasional dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, yakni mendeskripsikan mengenai hubungan antara kepemimpinan transformasional kepala sekolah, iklim organisasi dan kinerja guru melalui motivasi berprestasi guru SMK Swasta di Kota Banjarbaru. Populasi penelitian ini adalah guru SMK swasta di Kota Banjarbaru yang berjumlah 120 orang. Sampel penelitian yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah 93 orang dari 6 SMK Swasta di Kota Banjarbaru. Data dikumpulkan dengan kuesioner model skala Linkert yang telah diuji validitasnya dengan memilih salah satu dari 5 alternatif jawaban yang sesuai dengan kondisi yang sebenarnya.

Hasil penelitian yang diperoleh menyatakan (1) Terdapat hubungan tidak signifikan variabel antara kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kinerja guru SMKS Kota Banjarbaru, (2) Terdapat hubungan tidak signifikan variabel kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap motivasi berprestasi guru di SMKS Kota Banjarbaru, (3). Terdapat  hubungan tidak signifikan variabel Iklim sekolah terhadap kinerja guru di SMKS Kota Banjarbaru, (4).Terdapat  hubungan yang signifikan variabel Iklim sekolah terhadap motivasi berprestasi guru di SMKS Kota Banjarbaru, (5). Terdapat  hubungan yang signifikan variabel motivasi berprestasi terhadap kinerja guru di SMKS Kota Banjarbaru, (6). Terdapat hubungan tidak langsung kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kinerja guru melalui motivasi berprestasi guru di SMKS Kota Banjarbaru yaitu sebesar 0,392, (7). Terdapat  hubungan tidak langsung iklim sekolah terhadap kinerja guru melalui motivasi berprestasi guru di SMKS di Kota Banjarbaru yaitu sebesar 0,63.

Disarankan untuk penelitian selanjutnya melakukan penelitian tentang pengaruh kecerdasan emosional, prestasi siswa dan motivasi berprestasi melalui sarana sekolah.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI