DIGITAL LIBRARY



JUDUL:AKTIVITAS DI TPI BANJAR RAYA BANJARMASIN SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS
PENGARANG:Muhammad Rifani
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-07-05


Muhammad Rifani. 2021.Aktivitas Masyarakat di Pelabuhan Perikanan Banjar Raya Banjarmasin Sebagai Sumber Belajar IPS. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing I: Prof. Dr. Bambang Subiyakto M. Hum dan Pembimbing II: Mutiani, M. Pd.

Pada pembelajaran kurikulum 2013 di sekolah menggunakan pendekatan kontekstual dengan memanfaatkan lingkungan sekitar untuk digunakan sebagai sumber belajar. Pemanfaatan lingkungan sekitar yang dapat dijadikan sumber belajar diantaranya aktivitas masyarakat. Peserta didik dapat mendapatkan gambaran yang nyata dari lingkungan TPI Banjar Raya sebagai sumber belajar yang digunakan oleh guru. Tujuan penelitian ini : 1) Mendeskripsikan aktivitas ekonomi di TPI Banjar Raya 2) Menganalisis aktivitas ekonomi di TPI Banjar Raya sebagai sumber belajar IPS.

Metode kualitatif deskriptif, digunakan dalam penelitian untuk mendeskripsikan mengenai aktivitas ekonomi di TPI Banjar Raya sebagai sumber belajar IPS. Adapun subjek yang menjadi informan masyarakat yang bekerja disana seperti nelayan, pembeli, pengantar jasa pembeli ikan dan buruh angkut. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri yang membuat pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pemilihan narasumber. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi waktu, sumber, dan teknik pengambilan data.

Hasil penelitian menunjukan 1) aktivitas di TPI Banjar Raya dapat dilihat dari kegiatan masyarakat yang melakukan jual beli ikan. ikan yang didapatkan berasal dari distributor kapal perikanan dan distributor yang menggunakan pick up, ikan yang dibawa merupakan hasil dari nelayan laut dari beberapa daerah di luar Banjarmasin untuk dijual kembali di TPI Banjar Raya. Setelah di distribusikan ke daerah Banjarmasin dan Palangkaraya yang dilakukan oleh distributor daerah. 2) aktivitas masyarakat yang dilakukan yaitu kegiatan ekonomi, kegiatan ekonomi produksi, distribusi, dan konsumsi yang dikaitkan dengan materi pembelajaran SMP kelas 7 untuk aktivitas ekonomi yang berada di TPI Banjar Raya ini dijadikan sumber belajar IPS.

Kata Kunci : Aktivitas Ekonomi, Sumber Belajar IPS

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI