DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Gaya Kepemimpinan Kepala Desa Dalam Membangun Desa di Desa Sumber Baru Kecamatan Angsana Kabupaten Tanah Bumbu
PENGARANG:WAHYUNI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-07-05


ABSTRAK

Wahyuni, 1710413220031, 2022. Gaya Kepemimpinan Kepala Desa Dalam Membangun Desa di Desa Sumber Baru Kecamatan Angsana Kabupaten Tanah Bumbu. Dibimbing oleh Pathurrahman.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya kepemimpinan kepala desa dalam membangun Desa Sumber Baru. Metode penelitian menggunaka pendekatan deskriptif kualitatif. Responden yang diteliti dalam penelitian ini adalah Kepala desa dan Aparat desa yang terlibat langsung dalam Desa Sumber Baru Kecamantan Angsana. Menggunakan 3 macam instrument penelitian yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepala Desa Sumber Baru memiliki gaya kepemimpinan transformasional, hubungan Kepala  Desa dengan para perangkat desa dinilai harmonis dilihat dari sikap dan perilaku antar keduanya yang sejalan, tidak bertentangan dan saling mendukung satu sama lain demi tercapainya visi misi pemeritahan Desa Sumber Baru. Adapun Gaya kepemimpinan Kepala Desa menjadi penentu arah pembangunan desa. Pembangunan secara fisik Desa Sumber Baru belum terealisasi dengan sempurna dengan masih banyak pembangunan yang masih tertunda karna dampak COVID-19. 

Sikap demokratis sangat diperlukan dalam memimpin suatu kelompok masyarakat untuk mencapai kesepatakan bersama, namun ketegasan juga perlu ditingkatkan agar segala keputusan yang diberikan dipercayai masyarakat dan dapat diandalkan. Harapan bagi peneliti selanjutnya adalah agar dapat mengembangkan penelitian tentang gaya kepemimpinan ke arah yang lebih luas seperti tingkat kecamatan, kabupaten, hingga provinsi untuk memperoleh sudut pandang yang lebih luas dan beragam.

Kata Kunci: Gaya Kepemimpinan, Kepala Desa, Pembangunan Desa

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI