DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERAN GURU PENDIDIIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DALAM KEGIATAN USAHA KESEHATAN SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KECAMATAN AMUNTAI UTARA KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA TAHUN 2022
PENGARANG:RASYID RIDHA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-07-05


ABSTRAK

RASYID RIDHA. NIM. 1810122310024. “Peran Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Dalam Kegiatan Usaha Kesehatan Sekolah di Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Amuntai Utara Kabupaten Hulu Sungai Utara Tahun 2022”. Skripsi Program Studi Pendidikan Jasmani (PSPJ), Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (JPOK). Fakultas Keguruaan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarbaru 2022. Dosen Pembimbing Utama: Mita Erliana, S.Pd, M. Or. Dosen Pembimbing Pendamping: Drs. Athar, M. Kes, AIFO.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil peran guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan dalam Kegiatan Usaha Kesehatan Sekolah di Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Amuntai Utara Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan teknik survei dan pengambilan data menggunakan kuesioner.

Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Amuntai Utara Kabupaten Hulu Sungai Utara yang berjumlah 12 Sekolah dan 12 Guru. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 12 orang guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Amuntai Utara Kabupaten Hulu Sungai Utara, yang diambil menggunakan tenkik sensus atau total sampling.

Hasil penelitian yang telah dianalisa menunjukkan bahwa peran guru Pendidikan Jasamani Olahraga dan Kesehatan dalam Kegiatan Usaha Kesehatan Sekolah di Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Amuntai Utara Kabupaten Hulu Sungai Utara Tahun 2022 berada pada kategori “Sangat Rendah” sebesar 0,0%% (0 guru), “Rendah” sebesar 8,3% (1 guru), “Sedang” sebesar 50,0% (6 guru), “Tinggi” sebesar 33,3% (4 guru), dan “Sangat Tinggi” sebesar 8,3% (1 guru).

Berdasarkan analisis data disimpulkan bahwa peran guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan dalam Kegiatan Usaha Kesehatan Sekolah se-Kecamatan Amuntai Utara Kabupaten Hulu Sungai Utara berada pada kategori “Sedang”.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI