DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STRATEGI DINAS KEPEMUDAAN, OLAHRAGA DAN PARIWISATA DALAM PENINGKATAN JUMLAH WISATAWAN DI CANDI AGUNG KABUPATRN HULU SUNGAI UTARA
PENGARANG:BUDIMAN HADI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-07-05


ABSTRAK

Budiman Hadi, 1710413610018, Strategi Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Dalam Peningkatan Jumlah Wisatawan di Candi Agung Kabupaten Hulu Sungi Utara. Di bawah bimbingan Gazali Rahman.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata dalam peningkatan jumlah wisatawan di Candi Agung Kabupaten Hulu Sungai Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif, jenis penelitian ini digunakan untuk menjelaskan fenomena di lapangan bagaimana strategi Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata dalam peningkatan jumlah wisatawan di Candi Agung Kabupaten Hulu Sungai Utara. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Kabupaten Hulu Sungai Utara, wisatawan, dan masyarakat sebagai informan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata dalam peningkatan jumlah wisatawan di Candi Agung Kabupaten Hulu Sungai Utara sudah cukup berhasil. Hal tersebut dinilai dari indikator derajat pengaruh eksternal lebih menekankan kepada proses dan isi perencanaan strategi Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata. Lokus pengendalian strategi, dalam strategi yang dikeluarkan Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata terdapat aktor-aktor yang terlibat pada perencanaan ataupun pada pelaksanaan strategi. Pencetus aksi strategi, Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata dalam menentukan suatu strategi lebih memfokuskan kepada menjaga budaya dan kearifan lokal.

Kepada Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata dalam peningkatan jumlah wisatawan di Candi Agung perlu melakukan promosi lagi baik melalui internet, hotel-hotel, dan wisatawan dalam negeri maupun luar negeri. Untuk masyarakat khususnya pemuda di lingkungan Candi Agung perlunya ikut melestarikan serta menjadi pelopor pergerakan dalam menjaga dan melindungi objek wisata Candi Agung yang telah diwariskan turun-temurun.

Kata Kunci: Strategi, Pariwisata, Candi Agung

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI