DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERAN KEPALA DESA DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT NELAYAN DI DESA UJUNG PANDARAN KECAMATAN TELUK SAMPIT KABUPATEN KOTAWARINGIN TIMUR
PENGARANG:MUHAMAD MARDEN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-07-05


ABSTRAK

Muhamad Marden,1710413310021, 2022 “Peran Kepala Desa dalam Pemberdayaan Masyrakat Nelayan di Desa Ujung Pandaran Kecamatan Teluk Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur”.Dibawah bimbingan bapak Apriansyah selaku dosen pembimbing skripsi.

Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Kepala Desa dalam melakukan pemberdayaan kepada masyarakat nelayan di Desa Ujung Pandaran Kecamatan Teluk Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur. Dengan menggunakan teori indikator keberhasilan pemberdayaan dariUNICEF yang terdiri dari lima dimensi yaitukesejahteraan, akses, kesadaran kritis, partisispasi, dan kontrol.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian secara deskriptif dan teknik pengumpulan data yang digunakan dengan cara observasi, wawancara secara mendalam dan dokumentasi. Menggunakan analisis data kualitatif deskriptif karena data yang diperoleh mudah di sederhanakan dan mudah dibaca serta di interprestasikan.

Hasil dalam penelitian ini menunjukkan peran Kepala Desa dalam melakukan pemberdayaan terhadap masyarakat nelayan di Desa Ujung Pandaran. Secara keseluruhan masih kurang berperan sebagai Kepala pemerintahan di tingkat desa dalam memberdayakan masyarakat nelayan Desa Ujung Pandaran dilihat dari peran Kepala Desa dalam membina Kesejahteraan masyarakat nelayan dinilai tidak berperan karena tidak ada pembinaan khusus yang dilakukan Kepala Desa unuk mengembangkan sumber pendapatan dan meningkatkan perekonomian para nelayan. Peran Kepala Desa dalam penyedia Akses fasilitas masyarakat nelayan dinilai kurang berperan karena sudah ada upaya yang dilakukan Kepala Desa dalam melakukan pembangunan jembatan pelabuhan nelayan yang baru tetapi upaya tersebut masih belum berhasil dimanfaatkan dengan baik, dalam alat-alat yang digunakan para nelayan belum ada upaya yang dilakukan Kepala Desa untuk mengembangkan teknologi perikanan yang digunakan. Peran Kepala Desa dalam mengembangkan kesadaran kritis masyarakat nelayan terhadap pentingnya Pendidikan untuk meningkatkan SDM nelayan dinilai sudah berperan karena adanya upaya yang dilakukan Kepala Desa dalam membangun sekolah TK mulai merubah pandangan masyarakat nelayan. Peran Kepala Desa dalam meningkatkan Partisipasi masyarakat nelayan dinilai sudah berperan karena upaya yang dilakukan Kepala Desa masyarakat memiliki jiwa partisipasi yang tinggi. Peran Kepala Desa terhadap Kontrol harga penjualan masyarakat nelayan dinilai tidak berperan karena tidak ada upaya yang dilakukan Kepala Desa.

Saran dari hasil penelitian yang dapat di berikan kepada Kepala Desa lebih berupaya dalam membeberdayakan masyarakat nelayan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat nelayan dan LPMD agar lebih aktif lagi membantu Kepala Desa dalam memberdayakan masyarakat nelayan.

 

Kata Kunci:  Peran Kepala Desa, Pemberdayaan Masyarakat Nelayan, Desa

Ujung Pandaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI