DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Kepemimpinan Kepala Desa Dalam Peningkatan Kinerja Pegawai Pada Kantor Desa Paminggir Kecamatan Paminggir Kabupaten Hulu Sungai Utara
PENGARANG:SELLAWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-07-05


SELLAWATI, 1810413320045, “Kepemimpinan Kepala Desa Dalam Peningkatan Kinerja Pegawai Pada Kantor Desa Paminggir Kecamatan Paminggir Kabupaten Hulu Sungai Utara”. Dibawah Bimbingan Bapak Gazali Rahman.

Kepemimpinan merupakan faktor yang sangat penting dalam peningkatan kinerja pegawai, pada kantor desa paminggir kecamatan paminggir kabupaten hulu sungai utara. Kepemimpinan kepala desa dalam peningkatan kinerja pegawai sudah dibilang cukup baik, walaupun masih belum optimal. Dan kinerja pegawai sudah dibilang cukup bagus, walaupun masih ada para pegawai yang kurang mampu menjalankan tugas dan kurang disiplin terhadap peraturan. Hal ini disebabkan kurangnya perhatian, pengarahan, motivasi, pimpinan terhadap pegawai dan seringnya pemimpin melaksanakan tugas diluar kantor. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui bagaimana kepemimpinan kepala desa dalam peningkatan kinerja pegawai, untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kepemimpinan kepala desa dalam peningkatan kinerja pegawai, dan mengetahui upaya apa saja yang dilakukan untuk meningkatkan kepemimpinan kepala desa dalam peningkatan kinerja pegawai pada kantor desa paminggir kecamatan paminggir kabupaten hulu sungai utara.

Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala desa dalam peningkatan kinerja pegawai bisa dikatakn sudah cukup baik, hal ini terlihat dari tingkat kinerja pegawai yang sudah cukup bagus. Kepemimpinan kepala desa pada kantor desa paminggir kecamatan paminggir, memiliki kemampuan yang sudah cukup baik. Hal ini didukung dengan pendidikan, keahlian dan kewibawaan yang dimiliki pimpinan sudah cukup baik dan cukup tegas. Kinerja pegawai kantor desa pun sudah cukup baik, hal ini terlihat dari kuantitas, kualitas, dan waktu kerja yang dimiliki cukup bagus, adapun faktor yang mempengaruhi kepemimpinan yaitu faktor keteladanan dan ketaatan peraturan, kesibukan pimpinan dan tingkat kemampuan pegawai dalam melaksanakan tugas dan pekerjaan. Adapun upaya yang dilakukan adalah menanamkan kesadaran para pegawai terhadap keteladanan dan ketaatan peraturan, perlu diadakannya jadwal waktu pengawasan yang rutin dan berkelanjutan, dan memperbaiki tingkat kemampuan pegawai dalam melaksanakan tugas dan pekerjaan.

Saran yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah kepemimipinan kepala desa perlu ditingkatkan lagi dalam memberikan pekerjaan, dan memotivasi para pegawainya kearah yang lebih baik. Dan untuk para pegawai masing-masing harus mempunyai kesadaran diri terhadap keteladanan ketaatan peraturan undang-undang yang berhak dalam peningkatan kinerja pegawai pada kantor desa paminggir kecamatan paminggir kabupaten hulu sungai utara.

Kata Kunci: Kepemimpinan, Kinerja, Pegawai

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI