DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EVALUASI KESESUAIAN LAHAN UNTUK TANAMAN KARET DI KECAMATAN BAJUIN KABUPATEN TANAH LAUT PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:ANESIA ANGGUN KINANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-07-05


 

Penelitian ini berjudul “Evaluasi Kesesuaian Lahan untuk Tanaman Karet di Kecamatan Bajuin Kabupaten Tanah Laut Provinsi Kalimantan Selatan“. Tujuan penelitian untuk mengetahui karakteristik dan kelas kesesuaian lahan di Kecamatan Bajuin. Penelitian ini menggunakan metode pencocokan (matching) dan peta yang digunakan yaitu peta satuan lahan. Peta satuan lahan diperoleh dari tumpang tindih (overlay) antara peta bentuk lahan, peta kemiringan lereng, peta penggunaan lahan, dan peta tanah. Populasi terdiri dari 8 satuan lahan, sampel diambil dengan teknik random sampling dengan jumlah 2 sampel disetiap satuan lahan. Data primer diperoleh melalui observasi lapangan dan uji laboratorium. Data sekunder diperoleh dari studi literatur. Teknik analisis data untuk mengetahui kelas kesesuaian lahan adalah dengan sistem pencocokan (matching) antara syarat tumbuh tanaman karet dengan kualitas dan karakteristik lahan sehingga menghasilkan peta kesesuaian lahan untuk tanaman karet.

Hasil penelitian evaluasi kesesuaian lahan untuk tanaman karet di Kecamatan Bajuin memiliki 2 kelas yaitu, sesuai marginal (S3) dan tidak sesuai (N), faktor pembatas kejenuhan basa, salinitas, bahan kasar, kemiringan lereng, dan bahaya erosi.

Kata kunci: Evaluasi Lahan, Tanaman Karet, Matching


Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI