DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IDENTIFIKASI DAN ANALISIS PROFIL PLASMID ISOLAT BAKTERI TAHAN LOGAM BERAT KROMIUM (Cr) DARI TANAH SERPENTIN KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:AISYAH
PENERBIT:FAKULTAS MIPA
TANGGAL:2017-10-31


 

IDENTIFIKASI DAN ANALISIS PROFIL PLASMID ISOLAT BAKTERI TAHAN LOGAM BERAT KROMIUM (Cr) DARI TANAH SERPENTIN KALIMANTAN SELATAN (Oleh Aisyah; Pembimbing: Badruzsaufari, Hasrul Satria Nur; 2017; 51 halaman)

 

Bakteri tahan logam berat Cr(VI) telah diisolasi dari tanah serpentin, Kalimantan Selatan. Identifikasi isolat bakteri dilakukan menggunakan sekuensing gen 16-rRNA dan pengujian peranan plasmid dalam resistensi terhadap logam Cr(VI) melalui plasmid curing. Berdasarkan hasil BLAST, isolat AB13 dan AB56ACr10 menunjukkan tingkat kemiripan paling tinggi 99% dengan Bacillus cereus strain ATCC 14579, sedangkan isolat M2Cr10 memiliki tingkat kemiripan 99% dengan Acinetobacter radioresistens strain NBRC 102413. Hasil pengujian seluruh isolat bakteri terhadap Cr(VI) di medium Luria Bertani Agar dan analisis kurva pertumbuhannya menunjukkan kemampuan resistensi yang tergolong tinggi yaitu pada konsentrasi 100 mg.L-1. Kemampuan reduksi terhadap Cr(VI) 13 mg.L-1 juga tergolong tinggi yaitu lebih dari 90%. Hasil pengujian plasmid ketiga isolat bakteri terhadap Cr(VI) melalui plasmid curing secara kualitatif maupun kuantitatif menunjukkan peranan plasmid dalam ketahanan bakteri terhadap logam Cr(VI). Ketiga isolat bakteri setelah diberi perlakuan Sodium Dodecyl Sulfate (SDS) 0,1% mampu tumbuh pada media Luria Bertani Agar biasa sedangkan pada media Luria Bertani Agar dengan penambahan Cr(VI) 50 mg.L-1 tidak ditemukan pertumbuhan.

 

Kata kunci : Kromium, bakteri tahan kromium, gen 16s-rRNA, plasmid, sodium dodesil sulfat

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI