DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN PERKEMBANGAN BAHASA MELALUI KOMBINASI MODEL TALKING STICK, STORY TELLING DAN MEDIA BONEKA TANGAN PADA KELOMPOK B TK AL-MUNAJAH KAPUAS TIMUR | |
PENGARANG | : | ELMA RAHMIKA | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2022-07-29 |
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar dan perkembangan bahasa dalam melanjutkan sebagian cerita/dongeng yang telah diperdengarkan. Tujuan penelitian ini mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan bahasa anak. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus yaitu 3 kali pertemuan. Subjek penelitian adalah anak kelompok B TK Al-Munajah Kapuas Timur, pada semester 2 tahun ajaran 2021/2022 dengan jumlah anak 19 orang. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan cross table dan interpretasi menggunakan persentase dan kriteria. Indikator keberhasilan yaitu pada aktivitas guru memperoleh ≥21 dengan kriteria sangat baik, aktivitas belajar anak mencapai ≥83% terlaksana dengan kriteria sangat aktif, serta hasilperkembangan anak dengan perolehan ≥83% terlaksana dengan interpretasi berkembang sangat baik. Hasil penelitian ini menunjukkan aktivitas guru siklus II dengan skor 21 (Sangat Baik). Aktivitas anak siklus II menjadi 90% (Sangat Aktif). Hasil perkembangan anak pada siklus II terdapat 19 anak (100%).
Kata Kunci: Perkembangan Bahasa, Story Telling, Boneka Tangan.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI