DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Analisis Kualitatif dan Aktivitas Antioksidan Ekstrak Etanol Bunga Ceguk (Combretum Combretum indicum L.) Tipe Memanjang Dengan Berbagai Lokasi
PENGARANG:SINTYA OKTAVIANI-228
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-07-29


ABSTRAK

ANALISIS KUALITATIF DAN AKTIVITAS ANTIOKSIDAN EKSTRAK ETANOL BUNGA CEGUK (Combretum indicum L.) TIPE MEMANJANG DENGAN BERBAGAI LOKASI (Oleh Sintya Oktaviani; Pembimbing: Samsul Hadi, Amalia Khairunnisa; 2022; 46 halaman)

 

Tanaman ceguk (Combretum indicum L.) tipe memanjang merupakan spesies tanaman yang tumbuh dengan cara merambat dan berkhasiat sebagai antioksidan. Penelitian ini menggunakan 3 lokasi berbeda yaitu berada di wilayah Kabupaten Banjar (lahan gambut), Kota Banjarbaru (dataran rendah), dan Kabupaten Tanah Laut (dataran tinggi). Perbedaan lokasi akan menghasilkan kandungan senyawa antioksidan yang berbeda-beda walaupun memiliki jenis tanaman yang sama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas antioksidan secara kualitatif maupun kuantitatif, serta mengetahui perbedaan signifikasi antar daerah. Uji kualitatif menggunakan KLT pada ekstrak etanol bunga C.indicum tipe memanjang diketiga lokasi memiliki aktivitas antioksidan yang ditandai dengan noda berwarna kuning pucat setelah disemprot reagen DPPH. Uji kuantitatif ekstrak etanol bunga C.indicum tipe memanjang dari Kabupaten Tanah Laut, Kota Banjarbaru, Kabupaten Banjar memiliki aktivitas antioksidan yang dapat dikategorikan sangat kuat dengan nilai IC50 berturut-turut 5,553 ppm ± 0,059; 5,315 ppm ± 0,027; dan 5,594 ppm ± 0,051. Uji signifikasi yaitu terdapat perbedaan signifikan antara Kota Banjarbaru terhadap Kabupaten Tanah Laut dan Kabupaten Banjar, tetapi tidak terdapat perbedaan signifikan antara Kabupaten Tanah Laut terhadap Kabupaten Banjar atau sebaliknya. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ekstrak etanol bunga C.indicum tipe memanjang dari Kota Banjarbaru memiliki aktivitas antioksidan tertinggi yang mana merupakan daerah dataran rendah.

 

 

Kata Kunci : Antioksidan, Combretum indiucum, bunga ceguk, ekstrak etanol, kromatografi lapis tipis

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI