DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS, KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN PPKN MENGGUNAKAN MODEL BERBAGI BERKAH PADA SISWA KELAS V DI SDN PENGAMBANGAN 3 BANJARMASIN
PENGARANG:OLIVIA RAHMI LESMANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-01


Lesmana, Olivia Rahmi. 2022. Meningkatkan Aktivitas, Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Muatan PPKn Menggunakan Model Berbagi Berkah Pada Siswa Kelas V di SDN Pengambangan 3 Banjarmasin. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing Prof. Dr. Hj. Aslamiah, M.Pd., Ph.D. 

Kata Kunci: Keterampilan Berpikir Kritis, Hasil Belajar, Problem Based Learning, Think Pair Share, dan Course Review Horay. 

Permasalahan dari penelitian ini adalah rendahnya aktivitas, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada siswa kelas VA SDN Pengambangan 3 Banjarmasin pada muatan PPKN Tema 7 Peristiwa dalam Kehidupan yang disebabkan oleh pembelajaran bersifat satu arah, pembelajaran tidak bernalar, pembelajaran tidak menarik dan kurang menyenangkan. Solusi dalam mengatasi masalah ini adalah melakukan pembelajaran menggunakan model BERBAGI BERKAH. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan menganalisis aktivitas siswa, peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa, serta peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan tiga kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VA SDN Pengambangan 3 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2021/2022, jumlah siswa sebanyak 16 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dan tes. Analisis data berupa analisis deskriptif dan digambarkan dalam bentuk tabel dan grafik. Selanjutnya diinterpretasikan dengan menggunakan kriteria pada masing-masing indikator keberhasilan aktivitas guru dan siswa, keterampilan berpikir kritis, serta tercapainya ketuntasan belajar siswa secara individual dan klasikal. Hasil penelitian menujukkan bahwa aktivitas guru pada setiap pertemuan sudah terlaksana dari skor 29 kriteria “Baik”, menjadi skor 33 kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa mengalami peningkatan pada pertemuan 1 memperoleh 50% kriteria “Cukup Aktif” dan meningkat pada pertemuan 3 menjadi 87,5% kriteria “Sangat Aktif”. Keterampilan berpikir kritis siswa pada pertemuan 1 memperoleh 50% kriteria “Cukup Kritis” dan meningkat pada pertemuan 3 menjadi 87,5% kriteria “Sangat Kritis”. Hasil belajar siswa pada pertemuan 1 memperoleh 25% dan meningkat pada pertemuan 3 menjadi 100%. Berdasarkan hasil temuan ini dapat disimpulkan bahwa model BERBAGI BERKAH dapat meningkatkan aktivitas, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Disarankan penggunaan model tersebut sebagai bahan pertimbangan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI