DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI VOLUME BANGUN RUANG KUBUS DAN BALOK MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL INKUIRI TERBIMBING DAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA KELAS V SDN KUIN UTARA 6 BANJARMASIN
PENGARANG:Herliana
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-01


ABSTRAK

Herliana. 2022. Meningkatkan Hasil Belajar Materi Volume Bangun Ruang Kubus dan Balok Menggunakan Kombinasi Model Inkuiri Terbimbing dan Student Teams Achievement Division (STAD) Pada Kelas V SDN Kuin Utara 6 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.

Pembimbing Drs. Sunarno, M.Pd.

Kata Kunci : Aktivitas, Hasil Belajar Model Inkuiri Terbimbing, dan Student Teams Achievement Division (STAD).

 

Permasalahan dalam pembelajaran Matematika kelas V Materi Volume Bangun Ruang Kubus dan Balok SDN Kuin Utara 6 Banjarmasin ditemukan yaitu hasil belajar siswa masih rendah pada materi Volume Kubus dan Balok. Pada proses pembelajaran berlangsung dilaksanakan hanya satu arah saja, yang mana menjadikan siswa pasif dalam pembelajaran, siswa lebih banyak mencatat, mendengarkan dan mengerjakan soal yang ada dibuku yang menjadikan siswa belum mampu berfikir kritis, pembelajaran kurang menarik perhatian dan menyenangkan bagi siswa menjadikan pembelajaran dianggap sangat sulit. Oleh karena itu salah satu upaya meningkatkan hasil belajar siswa yaitu melalui kombinasi model pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dan Student Teams Achievement Division (STAD). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, menganalisis aktivitas siswa dan menganalisis peningkatan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Kuin Utara 6 Banjarmasin Tahun ajaran 2021/2022 dengan jumlah siswa sebanyak 15 orang. Data dihasilkan dari lembar observasi dan tes hasil belajar kemudian dianalisis dengan teknik deskriftif dan digambarkan dalam bentuk tabel dan grafik. Selanjutnya diinterpreasikan dengan menggunakan kriteria pada masing-masing indikator keberhasilan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan tercapainya ketuntasan hasil belajar siswa secara individu dan klasikal.

Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas guru pada siklus I mencapai kriteria “Baik” dan pada siklus II mencapai kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa pada siklus I kriteria “Aktif” dan pada siklus II dengan kriteria “Sangat Aktif”. Hasil belajar siswa pada siklus I belum mencapai ketuntasan klasikal dan pada siklus II sudah mencapai ketuntasan klasikal.

Berdasarkan hasil temuan ini dapat disimpulkan bahwa Kombinasi Model  Inkuiri Terbimbing Dan Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar Matematika materi Volume Bangun ruang Kubus dan Balok pada kelas V SDN Kuin Utara 6 Banjarmasin. Saran yang dikemukakan peneliti agar dapat menjadi alternatif bagi guru untuk meningkatkan kualitas dalam pembelajaran Matematika pada Materi Volume Kubus dan Balok atau pada pembelajaran yang lain guna meningkatkan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI