DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Meningkatkan Motivasi, Aktivitas dan Keterampilan Membaca Pemahaman Menggunakan Model Cooperative Integrated, Reading, And Composition (CIRC), Numbered Head Together (NHT), Dan Course Review Horay (CRH) Pada Kelas IV A SDN Pekauman 1
PENGARANG:NOOR FARIATUL ELZANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-01


ABSTRAK

Elzana, Noor Fariatul. 2022. Meningkatkan Motivasi, Aktivitas dan Keterampilan Membaca Pemahaman Menggunakan Model Cooperative Integrated, Reading, And Composition (CIRC), Numbered Head Together (NHT), Dan Course Review Horay (CRH) Pada Kelas IV A SDN Pekauman. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Prof. Dr. Hj. Aslamiah, M.Pd., Ph.D

 

Kata Kunci: Motivasi, Aktivitas, Model Cooperative Integrated, Reading, And Composition, Numbered Head Together, Course Review Horay.

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi, aktivitas dan keterampilan membaca pemahaman siswa materi menemukan informasi penting yang menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa pada tema cita-citaku. Hal ini disebabkan pembelajaran tidak menarik bagi siswa dan pembelajaran masih satu arah serta kegiatan membaca kurang maksimal. Salah satu solusi untuk memecahkan permasalahan tersebut adalah menggunakan kombinasi model Cooperative Integrated, Reading, And Composition (CIRC), Numbered Head Together (NHT), Dan Course Review Horay (CRH). Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas guru, motivasi, aktivitas dan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas, yang dilaksanakan sebanyak empat kali pertemuan. Setting penelitian adalah kelas IV A SDN Pekauman 1 tahun pelajaran 2021/2022 berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan tes. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif data kualitatif dan kuantitatif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Aktivitas guru pada pertemuan I kriteria baik, pertemuan II kriteria sangat baik, pertemuan III kriteria sangat baik dan pertemuan IV kriteria “sangat baik”. Motivasi belajar siswa pada pertemuan I mencapai 35%, pertemuan II mencapai 50%, pertemuan III mencapai 80% dan pertemuan IV menjadi 95% kriteria “sangat paham”. Aktivitas siswa pada pertemuan I mencapai 40%, pertemuan II mencapai 55%, pertemuan III mencapai 80%, dan pertemuan IV mencapai 90% kriteria “sangat aktif”. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan I mencapai 53%, pertemuan II mencapai 75%, pertemuan III mencapai 85%, dan pertemuan  IV mencapai 100%.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kombinasi model Cooperative Integrated, Reading, and Composition, Numbered Head Together, dan Course Review Horay dapat meningkatkan motivasi, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada materi membaca pemahaman pada tema cita-citaku. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada guru dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan motivasi, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran khususnya materi membaca pemahaman tema cita-citaku.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI