DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MUATAN PPKN TEMA PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION, MIND MAPPING, DAN SNOWBALL THROWING SISWA KELAS VB SDN INTI BELITUNG SELATAN 1 BANJARMASIN
PENGARANG:Norazizah Hayati
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-01


ABSTRAK

Hayati, Norazizah. 2022. MeningkatkanAktivitasDan Hasil Belajar Muatan PPKN Tema Peristiwa Dalam Kehidupan Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Group Investigation, Mind Mapping, dan Snowball Throwing Siswa Kelas VB SDNInti Belitung Selatan 1 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. H. Metroyadi, SH, M. Pd.

 

Kata Kunci: Aktivitas dan Hasil Belajar, Kombinasi Model Group Investigation, Mind Mapping, dan Snowball Throwing.

 

Pembelajaran yang diharapkan pembelajaran berlangsung 2 arah, dapat menyenangkan bagi siswa, mampu mengembangkan kemampuan kreativitas dan keaktifan siswa dan membantu siswa memahami konsep pembelajaran yang disampaikan. Namun kenyataannya, pembelajaran yang dilakukan bersifat satu arah, siswa hanya mendengarkan penjelasan materi dari guru, tidak digunakannya model serta media pembelajaran yang menyenangkan dan kurangnya pembiasaan keaktifan dan kreativitas dalam pembelajaran sehingga berimplikasi pada rendahnya hasil belajar siswa. Solusi untuk masalah tersebut menggunakan kombinasi model pembelajaran Group Investigation, Mind Mapping, dan Snowball Throwing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa dan menganalisis peningkatan hasil belajar siswa.

Penelitian inimenggunakan pendekatankualitatif dengan jenis Penelitian TindakanKelas(PTK)yangdilakukandalam4siklus.Settingpenelitiankelas VBSDNInti Belitung Selatan 1 Banjarmasin,berjumlah30siswa.Jenis datayangdigunakanadalahdata kualitatifdankuantitatifyangdiperolehmelaluilembarobservasiaktivitasgurudan siswasertatesevaluasihasilbelajarsiswa.Analisisdatamenggunakan teknik deskriptif analisis dan cross tabulasi dijabarkan dengan tabel, grafik dan interpretasi dengaan persentase.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I (siklus) I memperoleh skor 16 dengan kriteria cukup baik, pertemuan (siklus) II memperoleh skor 21 dengan kriteria baik, pertemuan (siklus) III memperoleh skor 22 dengan kriteria sangat baik, dan pertemuan (siklus) IV memperoleh skor 25 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan I memperoleh persentase klasikal 40,00%, pertemuan II 76,67%, pertemuan III, 80,00%, dan pertemuan IV 93,33%.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pada pembelajaran muatan PPKN menggunakan kombinasi model Group Investigation, Mind Mapping, dan Snowball Throwing aktivitas guruterlaksanadengankriteriasangatbaik,aktivitassiswamengalamipeningkatan sehinggamemperolehkriteriasangat aktif,dan hasilbelajarsiswameningkatdan mencapaiketuntasansecaraindividumaupun klasikal. Disarankan dengan penggunaan model tersebut dapat dijadikan salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa, khususnya pada muatan PPKN tema Peristiwa DalamKehidupan.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI