DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL MATERI PELAJARAN TEMATIK MEMBACA PADA SISWA KELAS 1 SDN RANTAU KIWA SATU PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL MATERI PELAJARAN TEMATIK MEMBACA PADA SISWA KELAS 1 SDN RANTAU KIWA SATU
PENGARANG:MUHAMMAD SIRAJUL HUDA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-01


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan proses pengembangan multimedia interaktif dengan pendekatan kontekstual pada pembelajaran tematik untuk meningkatkan keterampilan membaca pada siswa di kelas 1 SDN Rantau Kiwa 1. Jenis penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan Model pengembangan Kemp yang terdiri dari beberapa langkah yaitu identifikasi masalah, analisis siswa, analisis tugas, merumuskan indikator, urutan isi, pengembangan produk, riset intruksional, evaluasi instrumen dan validasi produk. Hasil Validasi media oleh dua ahli media menunjukkan nilai 3,96 dan 3,875 dengan prosentase 79% dan 76,5%, maka disimpulkan bahwa media ini layak untuk digunakan pada pembelajaran, sementara hasil uji validasi dua ahli materi menunjukan nilai 4.00 dan 4.05 dengan prosentase 80% dan 81%, maka disimpulkan bahwa media ini sangat layak digunakan untuk menunjang pembelajaran dan keterampilan membaca siswa kelas 1 SDN Rantau Kiwa 1.

Kata Kunci: Pengembangan, Multimedia Interaktif, Model Kontekstual, Keterampilan Membaca

ABSTRACT

This research aims to describe the process of developing interactive multimedia with a contextual approach to thematic learning to improve reading skills in students in grade 1 SDN Rantau Kiwa 1. The type of research carried out is the type of research and development or Research and Development (R&D) with the Kemp development model that consists of several steps, namely problem identification, student analysis, task analysis, formulating indicators, content sequence, product development, instructional research, instrument evaluation and product validation. The results of media validation by two media experts showed a value of 3.96 and 3.875 with a percentage of 79% and 76.5%, it was concluded that this media was suitable for use in learning, while the results of the validation test of two material experts showed a value of 4.00 and 4.05 with a percentage of 80 % and 81%, it is concluded that this media is very suitable to be used to support the learning and reading skills of grade 1 students at SDN Rantau Kiwa 1.

Keywords: Development, Interactive Multimedia, Contextual Model, Reading Skills

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI