DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN PPKN BENDA-BENDA DI SEKITAR KITA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING, MIND MAPPING DAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) SISWA KELAS 5 SDN PAKAN DALAM 1 KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN
PENGARANG:ZULFAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-01


Zulfah. 2022. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Muatan PPKn Benda-Benda di Sekitar Kita Menggunakan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining, Mind Mapping dan Numbered Head Together (NHT) Siswa Kelas 5 SDN Pakan Dalam 1 Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Drs. H. Ramadi, M.Pd.

Kata Kunci : Aktivitas Belajar Siswa, Student Facilitator And Explaining, Mind Mapping dan Numbered Head Together.

Permasalahan yang diteliti adalah rendahnya aktivitas belajar siswa yang berdampak terhadap hasil belajar kemampuan siswa dalam berpikir kritis, kurangnya kemampuan siswa berkomunikasi lisan, siswa kurang aktif, tidak adanya pengembangan kreativitas diri siswa, dan sulitnya siswa bekerja berkerjasama dalam kelompok. Oleh karena itu, perlu diadakan perbaikan melalui model Student Facilitator And Explaining, Mind Mapping dan Numbered Head Together. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, dan menganalisis aktivitas siswa, hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan sebanyak empat kali pertemuan di kelas 5 SDN Pakan Dalam 1 Kabupaten Hulu Sungai Selatan dengan jumlah siswa sebanyak 21 orang. Data dianalisis aktivitas guru dan aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa yang dihasilkan dari lembar observasi dan tes hasil belajar, kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif dan digambarkan dalam bentuk tabel dan grafik, selanjutnya diinterpretasikan dengan menggunakan kriteria pada masing-masing indikator keberhasilan aktivitas guru dan aktivitas siswa, serta tercapainya ketuntasan belajar siswa secara individual dan klasikal.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru mengalami peningkatan yaitu pada pertemuan 4 mencapai skor 23 dengan kriteria sangat baik, aktivitas siswa mengalami peningkatan mencapai persentase 95% dengan kriteria sangat aktif, dan ketuntasan klasikal hasil belajar siswa mencapai 95%.

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi model pembelajaran Student Facilitator And Explaining, Mind Mapping dan Numbered Head Together dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Disarankan penggunaan model tersebut sebagai salah satu alternatif dalam me

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI