DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS GOOGLE SITES PADA MATERI PERPAJAKAN KELAS XI DI SMA NEGERI 1 BARAMBAI
PENGARANG:WINARTI WULANDARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-01


Keberadaan media pembelajaran menjadi sesuatu yang menentukan keberhasilan dari sebuah pembelajaran. Media dibagi menjadi beberapa jenis yang dapat disesuaikan dengan kondisi dan situasi dari sebuah pembelajaran. Adapun penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis kevalidan media pembelajaran interaktif berbasis google sites pada materi perpajakan, (2) menganalisis kepraktisan media pembelajaran interaktif berbasis google sites pada materi perpajakan, dan (3) menganalisis keefektifan media pembelajaran interaktif berbasis google sites dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perpajakan. Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D. Ada empat tahap dalam model 4D yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap diseminasi (disseminate). Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis google sites berdasarkan hasil validasi ahli media memperoleh rata-rata skor total 4,65 dengan kriteria sangat valid dan persentase hasil memperoleh nilai 92,9% dengan kategori sangat praktis. Hasil validasi ahli materi memperoleh rata-rata skor 4,6 dengan kriteria sangat valid dan persentase hasil memperoleh nilai 92% dengan kategori sangat praktis. Pada uji coba lapangan terbatas, respon siswa terhadap media pembelajaran yang dikembangkan memperoleh rata-rata 4,11 dengan kriteria valid dan persentase hasil memperoleh nilai 82,2% dengan kategori sangat praktis. Pada uji coba lapangan operasional, respon siswa terhadap media pembelajaran yang dikembangkan memperoleh rata-rata skor 4,33 dengan kriteria sangat valid dan persentase hasil memperoleh nilai 86,6% dengan kategori sangat praktis. Media pembelajaran interaktif berbasis google sites juga efektif digunakan dalam meningkatkan hasil belajar berdasarkan hasil uji Wilcoxon yangmemperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan hasil uji Mann Whitney memperoleh nilai signifikansi 0,048 < 0,05 yang artinya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis google sites terhadap hasil belajar siswa pada materi perpajakan. Saran yang bisa disampaikan antara lain bagi siswa diharapkan dapat meningkatkan pemahaman penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis google sites dengan mengikuti instruksi dari peneliti saat pembelajaran dan untuk guru diharapkan dapat mempelajari pembuatan dan penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis google sites agar memudahkan ketika melakukan kegiatan pembelajaran di kelas.

Kata Kunci: media pembelajaran, google sites, 4D

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI