DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN IPA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL), COURSE REVIEW HORAY (CRH), DAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DI KELAS 4 SDN MUNDAR KABUPATEN BALANGAN
PENGARANG:MARIYATUL QIBTHIYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-02


Qibthiyah, Mariyatul. 2022. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Muatan IPA Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL), Course Review Horay (CRH), dan Team Games Turnament (TGT) di Kelas 4 SDN Mundar Kabupaten Balangan. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Dosen Pembimbing Drs. H. Ramadi, M.Pd.

Kata Kunci : Aktivitas Siswa, Hasil Belajar, Problem Based Learning, Course Review Horay, dan Team Games Turnament

Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Hal tersebut disebabkan pembelajaran masih bersifat konvensional, model pembelajaran tidak bervariasi, pembelajaran kurang menarik dan menyenangkan, serta siswa kurang terlibat aktif dalam pembelajaran. Upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL), Course Review Horay (CRH), dan Team Games Turnament (TGT) dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis perbaikan kualitas aktivitas guru, menganalisis aktivitas siswa dan peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 4 SDN Mundar, yang berjumlah 15 orang siswa terdiri dari 9 orang laki-laki dan 6 orang perempuan, pada semester II tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data yang diambil merupakan data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa kemudian menggunakan data kuantitatif untuk hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes tertulis secara kelompok dan individu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif dan digambarkan dalam bentuk tabel dan grafik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan IV memperoleh skor 34 dengan kriteria “sangat baik”. Asaranktivitas siswa pada pertemuan IV mencapai 93,3% dengan kriteria “sangat aktif”. Untuk hasil belajar siswa pada pertemuan IV mencapai ketuntasan klasikal 93,3%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Problem Based Learning (PBL), Course Review Horay (CRH), dan Team Games Turnament (TGT) dapat meningkatkan kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Adapun saran bagi kepala sekolah, guru dan peneliti lain adalah agar penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi dalam menggunakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI