DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DALAM MENGENAL KONSEP BILANGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DENGAN KOMBINASI METODE PEMBERIAN TUGAS DAN BERMAIN KARTU ANGKA KELOMPOK A TK PERTIWI CEMPAKA PUTIH
PENGARANG:Helda Fahrina
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-02


ABSTRAK

Helda Fahrina. 2022. “Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Dalam Mengenal Konsep Bilangan Menggunakan Model Pembelajaran Make a Match Dengan Kombinasi Metode Pemberian Tugas Dan Bermain Kartu Angka Kelompok A TK Pertiwi Cempaka Putih” Skripsi. Program S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. Ali Rachman. M.Pd.

Kata Kunci: Kognitif, Konsep Bilangan, Make a Match, Pemberian Tugas, Bermain, Kartu Angka

Permasalahan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah perkembangan kognitif anak dalam mengenal konsep bilangan yang belum berkembang dikarenakan pembelajaran berlangsung satu arah dan media pembelajaran yang kurang bervariasi. Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal konsep bilangan yaitu dengan model make a match kombinasi metode pemberian tugas dan bermain kartu angka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak dan hasil perkembangan anak dalam mengenal konsep bilangan.

Pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas dan data kualitatif diperoleh melalui instrumen penelitian aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan yang dilaksanakan pada tahun ajaran 2021/2022 dalam 4 pertemuan. Bertempat di kelas A2 berjumlah 10 orang anak, terdiri dari 6 anak laki-laki dan 4 anak perempuan. Dengan indikator keberhasilan aktivitas guru memproleh skor 17 dengan kriteria sangat baik, aktivitas anak secara klasikal dengan skor 82% dengan kriteria sangat aktif, dan hasil capaian perkembangan anak dengan skor 82% berkembang sesuai harapan (BSH) dan berkembang sangat baik (BSB).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) aktivitas guru pertemuan 1 mendapat skor 13 kriteria baik, pertemuan 2 dengan skor 15 kriteria baik, pertemuan 3 dengan skor 16 kriteria baik, dan pertemuan 4 dengan skor 18 kriteria sangat baik. (2) Aktivitas anak pertemuan 1 mendapat skor 30% kriteria kurang aktif, pertemuan 2 mendapat skor 60% kriteria cukup aktif, pertemuan 3 mendapat skor 80% kriteria aktif dan pertemuan 4 mendapat skor 90% kriteria sangat aktif. (3) Hasil capaian kognitif anak pertemuan 1 mendapat skor 30% dengan kriteria belum berkembang, pertemuan 2 mendapat skor 50% dengan kriteria mulai berkembang, pertemuan 3 mendapat skor 80% dengan kriteria berkembang sesuai harapan, dan pertemuan 4 mendapat skor 90% dengan kriteria berkembang sesuai harapan (BSH) dan berkembang sangat baik (BSB).

Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil capaian perkembangan kognitif anak dalam mengenal konsep bilangan menggunakan model make a match dengan kombinasi metode pemberian tugas dan bermain kartu angka berhasil meningkat dan berkembang. Sehingga disarankan kepada guru, kepala sekolah dan peneliti selanjutnya supaya menjadi bahan masukan informasi untuk meningkatkan pembelajaran pada anak.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI