DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF PADA ANAK KELOMPOK B MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DENGAN MEDIA FLASH CARD DI RA RAUDHATUL ILMI DESA MALINTANG
PENGARANG:Eka Yulianti
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-02


ABSTRACT

Eka Yulianti. 2022. " Efforts to Improve the Ability to Recognize Letters in Group B Children Using the Talking Stick Learning Method with Flash Card Media at RA Raudhatul ilmi". Thesis. Early Childhood Education Teacher Education S1 Program. Faculty of Teacher Training and Education, Lambung Mangkurat University, Banjarmasin. Advisor                           Dr. Ali Rachman, M.Pd.

Keywords:  Language, Recognizing Letters, Talking sticks, Flash cards

The problem in this classroom action research is the low development of the ability to recognize letters in group B children of RA Raudhatul Ilmi due to monotonous learning and the use of learning media that is less interesting and not varied. Efforts that can be made to improve children's ability to recognize letters are by using the talking stick media flash card. The purpose of this study was to determine the activities of teachers, children's activities and the results of children's development in recognizing letters.

The approach in this study uses a qualitative approach with the type of research, namely Classroom Action Research and the data obtained, namely qualitative data obtained through research instruments on teacher activities, children's activities and child development results carried out in the 2021/2022 academic year which was carried out in 3 meetings. The study was conducted in class B2 RA Raudhatul Ilmi, which consisted of 11 children, consisting of 8 boys and 3 girls. The types of data in this study are qualitative and quantitative, through observing teacher activities, children's activities and children's development results. Quantitative data is obtained through measurement techniques with individual tests.

The results showed that the teacher's activity at the first meeting reached the good criteria with a score of 13, the second meeting reached the good criteria with a score of 15 and the third meeting reached the very good criteria with a score of 19. The children's activities at the first meeting reached the criteria of being less active, at the second meeting they reached the criteria. active and at the third meeting reached the very active criteria. The classical mastery of children's development results at the first meeting reached 36%, the second meeting reached 91% and the third meeting reached 100%.

Based on these findings, it can be concluded that the use of the talking stick  media flash card can improve children's activities and child development outcomes. It is recommended to use this method as an alternative in increasing the activities and outcomes of children's learning development which has an impact on increasing children's developmental outcomes.

 

ABSTRAK

Eka Yulianti. 2022. “ Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Kelompok B Menggunakan Metode Pembelajaran Talking Stick Dengan Media Flash Card di RA Raudhatul ilmi”. Skripsi. Program S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmi Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. Ali Rachman, M.Pd.

Kata Kunci :  Bahasa, Mengenal Huruf, Talking stick, Flash card

Permasalahan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah rendahnya perkembangan kemampuan mengenal huruf pada anak kelompok B RA Raudhatul Ilmi yang dikarenakan pembelajaran yang berlangsung selalu monoton dan penggunaan media pembelajaran yang kurang menarik dan tidak bervariasi. Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal huruf yaitu dengan menggunakan metode pembelajaran talking stick dengan media flash card. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak dan hasil perkembangan anak dalam mengenal huruf.

Pendekatan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas dan data yang diperoleh yaitu data kualitatif diperoleh melalui instrument penelitian aktivitas guru, aktivitas anak dna hasil perkembangan anak yang dilaksanakan pada tahun ajaran 2021/2022 yang dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan. Penelitian dilakukan dikelas B2 RA Raudhatul Ilmi yang berjumlah 11 orang anak, terdiri dari 8 orang anak laki  laki dan 3 orang anak perempuan. Jenis data dalam penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif, melalui obsevasi aktivitas guru, aktivitas anak dan hasil perkembangan anak data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes secara individu.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I mencapai kriteria baik dengan skor 13, pertemuan  II mencapai kriteria baik dengan skor 15 dan pertemuan III mencapai kriteria sangat baik dengan skor 19. Aktivitas anak pada pertemuan I mencapai kriteria kurang aktif, pada pertemuan II mencapai kriteria aktif dan pada pertemuan III mencapai kriteria sangat aktif. Ketuntasan klaiskal hasil perkembangan anak pada pertemuan I mencapai 36%, pertemuan II mencapai 91% dan pertemuan III mencapai 100%.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran talking stick  dengan media flash card dapat meningkatkan aktivitas anak dan hasil perkembangan anak. Disarankan penggunaan metode tersebut sebagai salah satu alternative dalam meningkatkan aktivitas dan hasil perkembangan belajar anak yang berdampak pada peningkatan hasil perkembangan anak.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI