DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI KOMBINASI MODEL CIRC, MAKE A MATCH, DAN MEDIA CROSSWORD PUZZLE PADA SISWA KELAS III SDN GAMBUT 6
PENGARANG:AULIA HAFIDHAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-02


ABSTRAK

 

Hafidhah, Aulia. 2022. Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Kombinasi Model CIRC, Make a Match, dan Media Crossword Puzzle Pada Siswa Kelas III SDN Gambut 6. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dessy Dwitalia Sari, M.Pd

 

Kata Kunci: Keterampilan Membaca Pemahaman, CIRC, Make a Match, Crossword Puzzle

 

            Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya keterampilan membaca pemahaman siswa dalam pembelajaran muatan Bahasa Indonesia. Faktor yang menyebabkannya ialah kurangnya interaksi siswa, minimnya penerapan model dan media pembelajaran yang beragam dan mendukung siswa terhadap pemahaman teks, kurangnya kegiatan siswa dalam merekonstruksi, mengkomunikasikan teks bacaan dan minimnya pengetahuan siswa terhadap struktur teks.Oleh karena itu, alternatif untuk penyelesaikan masalah tersebut adalah dengan menggunakan kombinasi model CIRC, Make a Match dan media Crossword Puzzle dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan mengetahui peningkatan keterampilan membaca pemahaman siswa dari  hasil belajar.

            Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 4 pertemuan dengan subjek penelitian adalah 18 orang siswa kelas IIIA tahun ajaran 2021/2022. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif yang diperoleh dari lembar instrument observasi dan tes tertulis yang dianalisis dengan teknik deskriptif dan diinterpretasikan dengan menggunakan kriteria pada masing-masing indikator keberhasilan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa secara klasikal.

            Hasil penelitian ini menunjukkan aktivitas guru dari pertemuan 1 sampai pertemuan 4 terlaksana dari perolehan skor 20 dengan kriteria baik hingga 31 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 sampai 4 mengalami peningkatan dari 50% hingga 94% dengan kriteria sangat aktif. Hasil belajar psikomotorik juga meningkat dari persentase klasikal 44% pada pertemuan 1 menjadi 94% pada pertemuan 4. Adapun ketuntasan hasil belajar kognitif pada pertemuan 1 mencapai 44% dan terus mengalami peningkatan sampai pada pertemuan 4 mencapai100%. Pada aspek afektif ketuntasan mencapai50% menjadi 100% dari pertemuan 1 hingga pertemuan 4.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan kombinasi model CIRC, Make a Match dan media Crossword Puzzle dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa.Disarankan penggunaan kombinasi model dan media ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman yang berdampak pada ketuntasan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI