DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Peranan Kepala Desa Dalam Proses Pembangunan Desa (Studi: Pembangunan Desa Aruk Kecamatan Timpah Kabupataen Kapuas).
PENGARANG:BELLA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-03


ABSTRAK

 

Bella. 1810411120022. Peranan Kepala Desa Dalam Proses Pembangunan Desa (Studi: Pembangunan Desa Aruk Kecamatan Timpah Kabupataen Kapuas). Di bawah bimbingan oleh Sidderatul Akbar

 

 Keberlangsungan tumbunya perkembangan suatu desa merupakan sebuah peran produktif antara masyarakat dengan produktifnya lembaga pemerintahan struktural desa. Peran Kepala Desa merupakan hal yang paling dominan untuk terciptanya pembangunan yang terarah dan transparan. Peranan Kepala Desa dalam proses pembangunan desa merupakan suatu kewajiban dan tanggung jawab untuk demi kesejahteraan masyarakat desa. Bentuk pelayanan yang dimaksudkan adalah merupakan sebuah pelayanan dalam arti komprehensif yang dapat membentuk sebuah pelayanan non administratif yang baik seperti memperhatikan dalam pengelolaan lingkungan sosial masyarakat, pengembangan bentuk potensial sumberdaya desa yang akan mendukung dalam perwujudan pembangunan desa. Adapun kepala desa dapat berperan dalam upaya pembinaan masyarakat, dalam pelaksanaan pembangunan, dalam pendekatan masyarakat, dan lain-lain.  

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis peran Kepala Desa dalam proses pembangunan Desa Aruk Kecamatan Timpah Kabupaten Kapuas. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Kepala Desa Aruk dan masyarakat. Dalam penelitian ini, pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan display data, reduksi data, dan pengambilan kesimpulan. Dengan indikator sebagai stabilisator, inovator, pelopor, dan modernisator

  Hasil penelitian Peran Kepala Desa dalam pelaksanaan pembangunan fisik dan non fisik delibatkan kelompok-kelompok masyarakat sebagai pelaksana kegiatan sehingga masyarakat desa Aruk merasakan secara langsung proses pembangunan. Adapun faktor prngahambat dalam proses pembangunan desa ini yaitu faktor  koordinasi, prubahan iklim dan keterbatasan dana desa. Faktor pendukung dalam proses pembangungan desa yaitu sumber daya aparat desa dan partisipatif masayarakat.

 

Kata Kunci : Peranan, Kepala Desa, Pembangunan Desa

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI