DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERMUATAN KEARIFAN LOKAL PADA MATERI IMPULS DAN MOMENTUM LINIER UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK
PENGARANG:SITI MAHMUDAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-03


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar bermuatan kearifan lokal pada materi impuls dan momentum linier untuk melatih keterampilan berpikir kritis yang layak digunakan dalam proses pembelajaran fisika. Tujuan dari penelitian ini yakni mendeskripsikan validitas bahan ajar, kepraktisan bahan ajar, efektivitas bahan ajar, dan pencapaian berpikir kritis. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan ADDIE. Teknik pengumpulan data yang diperoleh diantaranya menggunakan lembar validasi, angket respon peserta didik, dan tes keterampilan berpikir kritis. Diperoleh hasil: 1) validitas bahan ajar dengan rata-rata 4,29 berkategori sangat baik, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan rata-rata 4,14 berkategori baik, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan rata-rata 4,27 berkategori sangat baik, dan Tes Hasil Belajar (THB) dengan rata-rata 4,26 berkategori sangat baik; 2) kepraktisan bahan ajar dengan rata-rata 3,93 berkategori baik; 3) efektivitas bahan ajar memenuhi kriteria ketuntasan dengan kategori baik; 4) keterampilan berpikir kritis melalui tes hasil belajar berkategori sedang. Dengan demikian, bahan ajar elektronik bermuatan kearifan lokal pada materi impuls dan momentum linier untuk melatih keterampilan berpikir kritis layak untuk digunakan dalam pembelajaran. 

 

Kata kunci: Bahan ajar, kearifan lokal, keterampilan berpikir kritis.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI