DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MENULIS RINGKASAN TEKS EKSPLANASI MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DAN MIND MAPPING BERBANTUAN MEDIA FLIPCHART SISWA KELAS 5 SDN SUNGAI LUMBAH 2 KABUPATEN BARITO KUALA
PENGARANG:HIKMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-03


ABSTRAK

Hikmah. 2022. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Menulis Ringkasan Teks Eksplanasi Menggunakan Kombinasi Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dan Mind Mapping berbantuan Media Flipchart Siswa Kelas 5 SDN Sungai Lumbah 2 Kabupaten Barito Kuala. Skripsi S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Drs. H. Ramadi, M.Pd. 

Kata Kunci : Menulis Ringkasan, Teks Eksplanasi, Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), Mind Mapping, Media Flipchart 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah pembelajaran yang belum efektif dalam menulis ringkasan teks eksplanasi karena siswa kesulitan menentukan kalimat utama, kurangnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran, dan pembelajaran yang monoton. Hal ini berakibat aktivitas dan hasil belajar rendah atau belum memenuhi standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditentukan yaitu 70. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa serta menganalisis hasil belajar dengan menggunakan kombinasi model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dan Mind Mapping berbantuan Media Flipchart.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menerapkan pendekatan penelitian kualitatif dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan langkah-langkah yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas 5 semester genap SDN Sungai Lumbah 2 tahun ajaran 2021/2022 dengan jumlah siswa 17 orang. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa. Data kuantitatif diperoleh dari teknik tes tertulis secara individu. Analisis data teknik deskriptif dan digambarkan dalam bentuk tabel dan grafik, kemudian diinterpretasikan dengan menggunakan kategori pada masing-masing indikator keberhasilan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) aktivitas guru mendapat skor 27 kategori sangat baik. (2) aktivitas siswa mencapai kategori sangat aktif 100%. (3) ketuntasan klasikal hasil belajar siswa aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik sebesar 100%.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pada materi Menulis Ringkasan Teks Eksplanasi melalui kombinasi model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dan Mind Mapping berbantuan Media Flipchart di Kelas 5 SDN Sungai Lumbah 2 Kabupaten Barito Kuala meningkat. Disarankan kepada guru hendaknya dapat menjadikan model ini sebagai bahan informasi maupun referensi dalam merancang pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI