DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI PENYAJIAN DATA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DIKOMBINASIKAN DENGAN KUMON DI SDN BELITUNG UTARA 1 BANJARMASIN
PENGARANG:Hamkani
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-03


Hamkani. 2022. “Meningkatkan Hasil Belajar Penyajian Data Menggunakan Pembelajaran Berbasis Masalah Dikombinasikan dengan Kumon di SDN Belitung Utara 1 Banjarmasin”. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing: Drs.Sunarno, M.Pd.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Materi Penyajian Data, Problem Based Learning, Kumon.

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika khusnya materi penyajian data, hal ini dapat dilihat pada kondisi nyata, siswa masih belum paham mengenai konsep penyajian data, belum mampu dalam memecahkan masalah, dan belum menganggap matematika itu kurang berguna. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut, yaitu dengan menerapkan kombinasi model pembelajaran Problem Based Learning dengan Kumon dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan aktiviras siswa, serta menganalisis hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Belitung Utara 1 tahun pelajaran 2021/2022 sebanyak 17 orang. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari observasi aktivitas guru dan siswa. Data kuantitatif diperoleh dari teknik pengukuran tes tertulis secara individu. Analisis data menggunakan tipe Transformative Mixed Methodes dengan interpretasi menggunakan Descriptive Analysis dan Cross Tabulation Analysis.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada Siklus I sampai II meningkat dari skor 26 dengan kriteria Sangat Baik menjadi skor 32 dengan kriteria Sangat Baik. Aktivitas siswa pada siklus I sampai II meningkat dari 70,59% dengan kriteria Aktif menjadi 88,24% dengan kriteria Sangat Aktif, dan hasil belajar pada siklus I sampai II terjadi peningkatan dari 52,94% hingga 100% secara klasikal.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa model kombinasi Problem Based Learning dengan Kumon dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, serta hasil belajar siswa. Disarankan penggunaan model tersebut sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa pada materi penyajian data.

 

 

 

 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI