DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DENGAN METODE BERCERITA MENGGUNAKAN MEDIA KARTU BERGAMBAR PADA ANAK KELOMPOK A DI TK ANGGREK DWP UNLAM BANJARMASIN BARAT
PENGARANG:SARIFAH NADYANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-03


Nadyanti, ?Sarifah 2022. “Upaya meningkatkan Kemampuan Berbicara melalui model pembelajaran talking stick dengan metode bercerita menggunakan media kartu bergambar Pada Anak Kelompok A Di TK Anggrek DWP Unlam Banjarmasin Barat” Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin Dosen Pembimbing Dr. Hj. Susilawaty M.Pd.

 

Kata Kunci : Berbicara, Model Talking Stick, Metode Bercerita, Media kartu bergambar

 

Permasalahn pada penelitian ini adalah Masalah yang terjadi pada anak kelompok A Tk Anggrek DWPUnlam Banjarmasin Barat adalah rendahnya kemampuan bahasa anak dalam berbicara. Masalah ini disebabkan oleh kegiatan pembelajaran yang monoton kebanyakan pada metode ceramah dan tidak bervariasi dalam pembelajaran sehingga anak-anak kurang semangat dan kurang tertarik dengan kegiatan pembelajaran yang dilakukan di sekolah. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran Talking Stickdengan Metode Bercerita menggunakan Media kartu bergambar dalam pembelajaran. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, menganalisis aktivitas anak dan menganalisis hasil belajar anak. 

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilaksanakan sebanyak 3 kali pertemuan yang terdiri dari 2 siklus. Subjek penelitian adalah kelompok A di Tk Anggrek DWP Unlam Banjarmasin Barat dengan jumlah anak sebanyak 10 orang anak. Jenis data dalam penelitian dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif, yang diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan aktivitas anak, serta hasil belajar. Data dihasilkan dari lembar observasi guru, anak dan hasil capaian perkembangan, kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif dan digambarkan dengan bentuk tabel dan grafik, selanjutnya diinterpretasikan dengan menggunakan kriteria pada masing- masing indikator keberhasilan aktivitas guru dan aktivitas anak, serta tercapainya hasil capaian perkembangan anak secara individual dan klasikal. 

Hasil penelitian ini menunjukkan aktivitas guru mengalami peningkatan dari kategori baik pada siklus I menjadi sangat baik pada siklus II. Aktivitas anak secara klasikal juga mengalami peningkatan dari kategori kurang aktif pada siklus I menjadi sangat aktif pada siklus II. Dan hasil perkembangan anak secara klasikal meningkat dari siklus I belum berkembang menjadi berkembang sangat baik pada siklus II.

Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil capaian perkembangan berbicara anak, pada kegiatan upaya meningkatkan kemampuan berbicara melalui model pembelajaran talking stick dengan metode bercerita menggunakan media kartu bergambar pada  anak kelompok A di Tk Anggrek DWP Unlam Banjarmasin Barat dinyatakan berhasil. Adapun saran bagi kepala sekolah, guru, dan peneliti lain agar dapat menjadikan hasil dari penelitian ini sebagai bahan pertimbangan dalam meningkatkan kualitas dalam pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI