DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN MOTIVASI, AKTIVITAS DAN PERKEMBANGAN NILAI AGAMA DAN MORAL (MELAKUKAN KEGIATAN BERIBADAH DAN BERPERILAKU BAIK) MENGGUNAKAN MODEL DIRAUT PADA ANAK KELOMPOK B DI TK NURUL HIKMAH AMUNTAI
PENGARANG:Yasmina Zulfida
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-03


ABSTRAK

Zulfida, Yasmina. 2022. Meningkatkan Motivasi, Aktivitas dan Perkembangan Nilai Agama dan Moral (Melakukan Kegiatan Beribadah dan Berperilaku Baik) Menggunakan Model DIRAUT pada Anak Kelompok B di TK Nurul Hikmah Amuntai. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Prof. Dr. Hj. Aslamiah, M.Pd., Ph.D.

Kata Kunci: Perkembangan Nilai Agama dan Moral, Melakukan Kegiatan Beribadah dan Berperilaku Baik, Direct Instruction, SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual), Permainan Ular Tangga

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar, aktivitas anak dan hasil perkembangan nilai agama dan moral pada kelompok B dalam melakukan kegiatan beribadah dan berperilaku baik. Hal ini terjadi karena pembelajaran yang dilakukan hanya satu arah pembelajaran yang monoton dan kurang menarik, hanya bersifat satu arah, pembelajaran dilakukan secara terbatas yang menyebabkan pembelajaran banyak dilakukan secara abstrak dampaknya perkembangan nilai agama dan moral anak tidak berkembang secara optimal. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas guru, menganalisis motivasi belajar, aktivitas anak dan hasil perkembangan nilai agama dan moral.

Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK), dilaksanakan selama 3 kali pertemuan. Penelitian ini dilakukan pada anak kelompok B TK Nurul Hikmah Amuntai yang berjumlah 13 laki-laki dan 6 perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Indikator keberhasilan aktivitas guru mencapai kriteria sangat baik. Motivasi anak secara klasikal memperoleh skor ≥ 82%. Aktivitas anak secara klasikal memperoleh ≥ 85% dan hasil perkembangan nilai agama dan moral secara klasikal mencapai ≥85%.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) aktivitas guru pertemuan ke-1 dengan skor 15 kategori “Cukup Baik”, pertemuan ke-2 dengan skor 19 kategori “Baik”, pertemuan ke-3 dengan skor 24 kategori “Sangat Baik”. (2) Motivasi belajar anak pertemuan ke-1 dengan persentase 53% kategori “Sebagian Anak Termotivasi”, pertemuan ke-2 dengan persentase 73% kategori “Sebagian Besar Anak Termotivasi” dan pertemuan ke-3 dengan persentase 100% kategori “Seluruh Anak Termotivasi”. (3) Aktivitas anak pada pertemuan ke-1 dengan persentase 58% kategori “Sebagian Anak Aktif”, pertemuan ke-2 dengan persentase 79% kategori “Sebagian Besar Anak Aktif” dan pertemuan ke-3 dengan persentase 100% kategori “Seluruh Anak Aktif”. (4) Hasil perkembangan nilai agama dan moral pada pertemuan terakhir mencapai persentase 95% anak yang berhasil mendapatkan BSH dan BSB.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa menggunakan model DIRAUT dapat meningkatkan motivasi, aktivitas dan hasil perkembangan nilai agama dan moral anak (melakukan kegiatan beribadah dan berperilaku baik). Disarankan bagi kepala TK, guru dan peneliti selanjutnya dapat menjadi bahan informasi untuk memperbaiki pembelajaran pada anak.

ABSTRACT

Zulfida, Yasmina.2022. Improving Motivation, Activities and Development of Religious and Moral Values ??(Doing Worship Activities and Good Behavior) Using the DIRAUT Model for Group B Children in Nurul Hikmah Amuntai Kindergarten. Thesis for Early Childhood Education. Faculty of Teacher Training and Education. Lambung Mangkurat University Banjarmasin. Advisor Prof. Dr. Hj. Aslamiah, M.Pd., Ph.D.

Keywords: Development of Religious and Moral Values, Doing Worship Activities and Good Behavior, Direct Instruction, SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual), Snakes and Ladders Game

The problems of the study are the low motivation to learn, children's activities and the results of the development of religious and moral values in group B in carrying out worship activities and good behaviour. This happens because the learning process is carried out only in one direction, monotonous and unattractive, only one-way, learning is carried out in a limited manner which causes learning to be carried out in an abstract way, the impact is that the development of children's religious and moral values ??do not develop optimally. The purpose of this study is to describe the teacher activities, analyze learning motivations, children's activities and the results of the development of religious and moral values.

This study used a qualitative approach with the type of classroom action research (CAR), carried out for 3 meetings. This study was conducted on group B children of Nurul Hikmah Amuntai Kindergarten, which consisted of 13 boys and 6 girls. The techniques of collecting the data were using observation, interviews and documentations. The indicators of success of the teacher activities achieved very good criteria. Children's motivation classically got a score of 82%. Children's activities classically got 85% and the results of the development of religious and moral values ??classically reached 85%.

The results showed that (1) the activities of the teachers in the 1st meeting with a score of 15 was "good enough" category, the 2nd meeting with a score of 19 was "good" category, the 3rd meeting with a score of 24 was "very good" category. (2) Children's learning motivation in the 1st meeting with a percentage of 53% in the "half children motivated" category, the 2nd meeting with a percentage of 73% in the "most children motivated" category, and the 3rd meeting with a percentage of 100% in the "all children motivated" category. (3) Children's activities in the 1st meeting with a percentage of 58% in the "half children active" category, the 2nd meeting with a percentage of 79% in the "most children active" category, and the 3rd meeting with a percentage of 100% in the "all children active" category. (4) The results of the development of religious and moral values ??at the last meeting reached the percentage of 95% of children who managed to get BSH and BSB.

Based on the results of the study, it can be concluded that the using of DIRAUT model could increase motivations, activities and the results of the development of children's religious and moral values ??(doing worship activities and behaving well). It is recommended for kindergarten principals, teachers and further researchers that this study can be used as information material to improve learning for children.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI