DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV UNTUK MENANAMKAN KARAKTER WASAKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PRESEN DAN MEDIA AUDIO VISUAL DI SDN HANDIL BAKTI
PENGARANG:NAJIHA SHOFINA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-03


Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajarsiswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Hal tersebut disebabkanpembelajaranmasihbersifatsatuarahdanpembelajaranyangkurangmenariksehinggamembuatsiswapasifdalampembelajaran,siswabelummampumemecahkanmasalahyangdiberikanolehgurumelaluipercobaandanmembuatsiswabelumoptimaldalammemaknai pengetahuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitasguru untuk menganalisis peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa menggunakanmodelpembelajaranPRESEN dan mediaaudiovisual.

PenelitianinimenggunakanPenelitianTindakanKelas(PTK)yangdilaksanakandalam4kalipertemuan.SubjekpenelitianiniadalahsiswakelasIVSDNHandil Bakti yang berjumlah 26 orang siswa terdiri dari 14 orang siswa laki-laki dan12 orang siswa perempuan, pada semester II tahun ajaran 2021/2022. Data yangdiambil merupakan data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru, aktivitassiswa dan keterampilan komunikasi siswa kemudian menggunakan data kuantitatifuntuk hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes tertulis secara individu. Analisisdata dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analisis dijabarkan dengantabel,grafik, dan interpretasi dengan persentase.

Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwaaktivitasgurupadapertemuan1memperolehnilai72dengankriteria“Baik”,meningkatpadapertemuan4memperolehnilai 95 dengan kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 mencapai58% dengan kriteria “Cukup Aktif” meningkat pada pertemuan 4 menjadi 100%.Ketuntasanhasilbelajarsiswaaspekkognitifpadapertemuan1memperolehketuntasan klasikal 46% dan pada pertemuan 4 mencapai 100%. Pada pertemuan 1ketuntasan klasikal pada aspek afektif 31% dan pada pertemuan 4 mencapai 100%.Padapertemuan1ketuntasanklasikalpadaaspekpsikomotorik27%danpadapertemuan4mencapai100%.

BerdasarkanperolehantersebutdisimpulkanbahwapenggunaanmodelPRESENdanmediaaudiovisualdapatmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswa.Adapun saran bagi guru, kepala sekolah dan peneliti ini dapat dijadikan sebagai salahsatu alternatif dalam memilih dan menggunakan model pembelajaran khususnya padamuatanIPA.

Kata Kunci: Aktivitas Siswa, Hasil Belajar, PRESEN, Media Audio Visual, KarakterWasaka

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI