DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN MEMBACA PEMAHAMAN TEMA INDAHNYA KEBERAGAMAN NEGERIKU DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TALKING STICK, THINK PAIR SHARE, DIRECTED INQUIRY ACTIVITY PADA SISWA KELAS 4 SDN KUIN UTARA 7 BANJARMASIN
PENGARANG:MEGA BAHRIANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-04


ABSTRAK

 

Bahrianti, Mega, 2022. Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Membaca Pemahaman Tema Indahnya Keberagaman Negeriku dengan Menggunakan Model (Talking Stick, Think Pair Share, Dircted Inquiry Activity) Pada Siswa Kelas 4 SDN Kuin Utara 7 Banjarmasin Skripsi S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Drs. H. Ramadi, M.Pd.

                                                    

Kata Kunci : Berpikir Kritis, Membaca Pemahaman , Talking Stick, Think Pair Share, Directed Inquiry Activity.

 

Masalah dalam penelitian ini adalah pembelajaran yang belum efektif dalam menentukan ide pokok pada suatu paragraf melalui membaca pemahaman yang berpengaruh pada keterampilan berpikir kritis siswa serta dalam pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kurang terlibat aktif dalam pembelajaran, dan masih bersifat satu arah. Hal ini berakibat hasil belajar rendah atau belum memenuhi standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditentukan yaitu ≥67. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa serta menganalisis peningkatan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar dengan menggunakan kombinasi model talking stick, think pair share, dan directed inquiry activity.

Metode penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Adapun subjek penelitian adalah siswa kelas 4B SDM Kuin Utara 7 Banjarmasin  tahun pelajaran 2021/2022 dengan jumlah siswa 14 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa , serta tes hasil. Indikator keberhasilan penelitian ini apabila Aktivitas siswa dikatakan berhasil jika mencapai ≥80% dengan kategori “sangat aktif”, ketrampilan berpikir kritis dikatakan berhasil apabila mencapai ≥80% dengan kategori sangat kritis, dan  hasil belajar individu siswa dianggap tuntas jika mencapai KKM ≥67, secara klasikal dikatakan tuntas apabila ketuntasan belajar mencapai ≥80% siswa mendapat nilai ≥67.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru sudah terlaksana dengan kategori “sangat baik” pada pertemuan 4, aktivitas siswa mengalami peningkatan dengan kategori “sangat aktif” pada pertemuan  4,  keterampilan berpikir kritis siswa mengalamai peningkatan dengan kategori “ sangat kritis” pada pertemuan 4, dan hasil belajar siswa pada pertemuan 1 mencapai ketuntasan klasikal 35,71% meningkat pada pertemuan 4  menjadi 100%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan membaca pemahaman tema 7 indahnya keberagaman negeriku melalui kombinasi model ( Talking Stick, Think pair share , Directed Inquiry Activity di kelas 4B SDN Kuin Utara 7 Banjarmasin aktivitas guru sudah terlaksana dengan sangat baik, mampu meningkatkan ketrarampilan berpikir kritis siswa, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini disarankan sebagai alternatif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dikelas 4 khususnya dalam meningkatkan keterampilan ketrampilan berpikir kritis dengan membaca pemahaman.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI